UNTUK INDONESIA
12 Tahun Terindah, Curhat BCL Seusai Ditinggal Ashraf
Bunga Citra Lestari merilis lagu terbaru pertamanya semenjak kepergian Ashraf Sinclair, berjudul 12 Tahun Terindah.
Bunga Citra Lestari merilis lagu pertama selepas kepergian Ashraf Sinclair, berjudul 12 Tahun Terindah. (Foto: Tagar/ Istimewa/Tim BCL)

Jakarta - Penyanyi Bunga Citra Lestari merilis lagu terbaru pertamanya semenjak kepergian Ashraf Sinclair yang meninggal dunia pada awal Februari kemarin. Tembang berjudul 12 Tahun Terindah milik BCL ini langsung menjadi pembicaraan warganet hingga sempat menjajaki trending topic di Twitter pada Minggu, 19 Juli 2020.

Bunga Citra Lestari mengatakan, lirik lagu 12 Tahun Terindah berisi curahan hatinya selama melalui titik terendah bersama sang anak, Noah Sinclair, selepas kepergian Ashraf Sinclair yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Momen penulisan lirik dilakukan BCL saat ia absen dari seluruh kegiatan termasuk bernyanyi dan bermedia sosial. Perempuan yang akrab disapa Unge itu memang memilih berdiam diri selama hampir 5 bulan lantaran kepergian sang suami bertepatan dengan kebijakan karantina akibat pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia.

"Lagu ini menceritakan tentang kebingungan saya menghadapi hari-hari baru. Di saat hidup berubah dalam waktu yang begitu cepat, tanpa peringatan, dan mau tidak mau harus tetap dijalani," kata Bunga Citra Lestari dalam keterangan yang diterima Tagar, Senin 20 Juli 2020.

"Dan di moment kehidupan ini juga, saya berusaha melihat lagi tahun-tahun yang sudah saya lewati bersama Ashraf, dan saya merasa bersyukur, karena Tuhan memberikan saya 12 Tahun Terindah bersama Ashraf. Melalui suka dan duka dalam cinta, yang membuat saya percaya kalau cinta itu ada," kata dia.

Bunga Citra Lestari - BCLBunga Citra Lestari merilis lagu pertama selepas kepergian Ashraf Sinclair, berjudul 12 Tahun Terindah. (Foto: Tagar/ Istimewa/Tim BCL)

Dalam proses penggarapannya, Bunga Citra Lestari tengah mencoba memahami situasi, berdamai dengan keadaan, dan menemukan kenyamanan dengan menulis untuk mencurahkan segala perasaannya. Berbagai curahan hatinya untuk almarhum sang suami ia tulis di buku harian pemberian Ashraf.

Tulisan berisi curahan hati dan keluh kesah tersebut kemudian dikembangkan menjadi sebuah karya. Bersama Ita Fachir yang mengagas melodi serta Andi Rianto yang memainkan piano, tembang 12 Tahun Terindah yang disebut BCL sebagai karya yang menjadi bagian dari proses healing-nya menghadapi kepergian Ashraf itu, akhirnya benar-benar tercipta.

Proses pembuatan lagu, dari merekam demo, berbagai diskusi kreatif, hingga rekaman, dilakukan sendiri oleh BCL dari rumah dengan bantuan dari tim secara virtual. Selain untuk pertama kalinya menulis lirik lagu, Unge kali ini juga belajar melakukan proses rekaman sendiri dengan perangkat studio kecil yang ia susun di lantai 3 rumahnya.

Di tengah situasi berat yang harus dihadapi, dan keadaan pandemi yang melanda dunia, BCL justru mempelajari banyak hal baru yang tidak ia ketahui sebelumnya sehingga tidak menghentikan semangat BCL untuk kembali berkarya. Lebih dari itu, karya ini semakin special baginya karena merupakan single perdana yang diproduksi oleh label musik yang ia dirikan, BASH Music Company.

Lagu 12 Tahun Terindah telah dirilis bersamaan dengan peluncuran video klip yang akan ditayangkan di saluran YouTube It’s Me BCL pada 19 Juli 2020 kemarin. Sementara lagu tersebut baru dapat dinikmati melalui berbagai platform pemutar musik digital pada 24 Juli 2020 mendatang.

Selain itu, untuk menjawab kerinduan para sahabat dan masyarakat kepada penampilan BCL di kancah permusikan, ia akan kembali tampil bernyanyi dalam virtual showcase bertajuk Melangkah Lagi – Performing from BCL’s Attic pada tanggal 26 Juli 2020 melalui live premiere di saluran YouTube It’s Me BCL.

Pertunjukan atau showcase tersebut merupakan penampilan perdana BCL setelah absen bernyanyi selama 4 bulan. Selangkah demi selangkah Bunga Citra Lestari memberanikan diri untuk kembali melakukan hal yang ia cintai, yakni bernyanyi. []

Berita terkait
Ruben Onsu Curhat Soal Konser Ayu Ting Ting
Ruben Onsu selaku promotor konser tunggal Ayu Ting Ting curhat soal rencana [ertunjukan musik yang sebelumnya bakal digelar pada Maret 2020 lalu.
Katy Perry Siap Rilis Album Baru Bertajuk Smile
Penyanyi Katy Perry mengaku siap merilis album terbaru bertajuk Smile pada 14 Agustus 2020 mendatang.
Roy Jeconiah Terbitkan Lagu 3 Hari dan Jadwal Konser
Musisi yang dikenal dengan suara khasnya ketika di band Bomerang, Roy Jeconiah, meluncurkan single bertajuk 3 Hari.
0
IHSG Turun Tipis 0,09 Persen, 3 Saham Ini Dilego Asing
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Kamis, 22 Oktober 2020 terkoreksi tipis 0,09 persen di posisi 5.091,82 poin.