12 Pelajar Siantar Diamankan Sebelum Demo, 1 Positif Narkoba

Polisi mengamankan 12 pelajar di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, yang hendak bergabung dalam aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law.
Sejumlah pelajar Kota Pematangsiantar, Sumut, yang diamankan hendak ikut berunjuk rasa, Kamis, 15 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Jonatan Nainggolan).

Pematangsiantar - Polisi mengamankan dua belas pelajar di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, yang hendak bergabung dalam aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, Kamis, 15 Oktober 2020.

Satu dari antara pelajar tersebut dinyatakan positif narkotika jenis ganja. Polisi sebelumnya melakukan tes urine kepada para pelajar tersebut.

Pengakuannya baru memakai sama kawan-kawannya

"Setelah kami lakukan tadi tes urine, satu orang positif ganja," ucap Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Pematangsiantar, Akun Komisaris Polisi David Sinaga.

Kata David, pelajar dimaksud mengaku aktif memakai ganja belakangan ini. "Pengakuannya baru memakai sama kawan-kawannya. Kasus ini sudah kami serahkan ke Satuan Reskrim dan Satuan Intelkam," katanya.

Sebelumnya, belasan pelajar itu diamankan dari seputaran Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat, Pematangsiantar. Mereka yang diamankan beberapa di antaranya masih di bawah umur.

Baca juga:

Dari ponsel milik MAS, 15 tahun, salah seorang pelajar terungkap percakapan aksi unjuk rasa dan rencana membakar gedung DPR.

Pelajar yang tinggal di seputaran Kecamatan Siantar Martoba itu malah mengaku tak memahami satu pun apa isi UU Ciptaker.

Sampai saat ini, polisi masih melakukan pendataan terhadap para pelajar itu. Polisi pun berencana akan memanggil orang tua mereka dan pihak sekolah.

"Ini masih proses," ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Siantar Ajun Komisaris Polisi Edi Sukamto melalui pesan singkat WhatsApp. []

Berita terkait
Pelajar Demo Tercatat SKCK, Tengku Zul Bandingkan dengan Ahok
Tengku Zulkarnain bandingkan pelajar demo akan sulit cari kerja dengan Ahok pernah jadi napi jadi komisaris Pertamina.
KPAI Tolak Ancaman Pelajar Ikut Demonstrasi Sulit Dapat SKCK
KPAI menolak adanya narasi ancaman bagi anak usia sekolah yang ingin dan melakukan demonstrasi sulit mendapatkan SKCK.
Banyak Pelajar Ikut Demo, KPAI: Mengeluarkan Pendapat Dijamin UU
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menanggapi larangan demo pelajar oleh sejumlah Dinas Pendidikan dan kepolisian.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan