UNTUK INDONESIA
12 Kereta Api Rangkasbitung-Merak Libur Sepekan
PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan 12 KA (Kereta Api) lokal dari pemberangkatan Stasiun Rangkasbitung menuju Merak akan diliburkan sementara
Kereta Api (KA) Lokal Rangkasbitung-Merak, Kamis 23 April 2020 (Foto: Tagar/Jumri)

Serang - Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan untuk mendukung program pemerintah yang mengeluarkan kebijakan larangan mudik di masa pademi virus Corona.

Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal pemberangkatan.

"Ada 12 KA (Kereta Api) lokal dari pemberangkatan Stasiun Rangkasbitung menuju Merak dengan rute perjalanan pulang pergi (PP) ikut dibatalkan hingga 30 April 2020. Seandainya ada perubahan jadwal operasi pemberangkatan dan pembatalan tiket nantinya akan kita informasikan kembali," ucap Eva Chairunisa kepada Tagar, Kamis, 23 April 2020.

Untuk Daop 1 Jakarta, kata Eva, mulai Jum’at 24, April 2020 seluruh pemberangkatan dan kedatangan KAI jarak jauh dan Kereta Api (KA) Lokal tidak dioperasikan. Sementara untuk para calon penumpang yang sudah memiliki tiket akan dikembalikan penuh. Para calon penumpang akan dihubungi oleh Contact Center KAI 121 untuk mendapatkan panduan informasi lebih lanjut.

Selain itu, kata Eva, calon penumpang dapat melakukan pembatalan tiket melalui aplikasi KAI Access atau bisa datang langsung ke loket stasiun yang sudah ditunjuk. 

"Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal pemberangkatan. Sementara uang akan dikembalikan paling lambat 45 hari kemudian," ucapnya

Kemudian, kata Eva, untuk para penumpang yang akan melakukan pembatalan di loket stasiun, maksimal 30 hari setelah jadwal pemberangkatan dengan menunjukan kode booking dan uang akan diganti secara tunai atau melalui transfer.

"Totalnya ada 70 perjalanan KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan. Dari 70 KA tersebut 67 KA di antaranya merupakan KA reguler dan 3 KA lainnya merupakan KA tambahan yang dioperasikan pada saat hari kerja serta libur," tutur Eva.

Untuk informasi, KA jarak jauh yang tidak beroperasi merupakan KA dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya,Malang dan berbagai kota di wilayah lainnya. Sementara guna mendukung pasokan logistik dab bahan pangan, Daop 1 Jakarta tetap menjalankan KA Angkutan Barang secara normal untuk angkutan.

Selanjutnya informasi lanjutan juga dapat diketahui melalui website resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI access kai.id, Contact Center 121 line (021) 121, Layanan pelanggan [email protected] dan sosiall media @keretaapikita @kai121.

Berikut daftar nama Stasiun yang akan melayani Pembatalan tiket dengan waktu oprasional setiap hari Senin-Minggu pukul 08.00 sampai dengan 16.00.

  1. Stasiun Gambir
  2. Stasun Pasar Senen
  3. Stasiun Jakarta Kota
  4. Stasiun Bogor Paledang
  5. Stasiun Cikampek
  6. Stasiun Rangkasbitung
  7. Stasiun Serang dan
  8. Stasiun Bekasi

Sebagai informasi, keputusan pelayanan mudik saat Lebaran akan beralu efektif akhir pekan ini, tepatnya Jumat 24 April 2020. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan kebijakan pelarangan mudik tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Langkah itu diambil usai pemerintah memberlakukan larangan mudik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan aparat TNI/Polri. 

"Kita sudah melakukan kajian dan pendalaman langsung di lapangaN, selain iu Kementrian Perhubungan juga telah melakukan survei terkait dengan pelarangan mudik. Ada 68 persen yang tiak mudik dan yang bersikeras mudik ada 24 persen. Sementara 7 persen sudah mudik, itu artinya masih ada angka yang sangat besar yaitu 24 persen tadi," ujar Jokowi usai mengikuti Rapat Terbatas melaui video conference di Istana Merdeka, 21 April 2020. []

Berita terkait
Jadwal Kereta Api Purwokerto Selama Pandemi Corona
Berikut kereta api jarak jauh yang masih beroperasi yang melewati wilayah daerah operasi 5 Purwokerto pada masa pandemi corona.
Kereta Api Bandara Kualanamu Setop Sementara
Manajemen PT Railink memutuskan untuk menghentikan sementara operasional kereta api Bandara Kualanamu-Kota Medan.
Perjalanan Kereta Api di Sumbar Dipangkas
PT KAI Divre II Sumatera Barat memangkas layanan perjalanan kereta api ke sejumlah daerah demi perang melawan corona.
0
May Day, Nestapa Buruh di Tengah Pandemi Covid-19
Pemprov Jawa Timur mencatat saat ini total ada 32.365 orang dari 555 perusahaan terkena PHK dan dirumahkan dampak Covid-19.