12 Kebiasaan yang Tidak Ditemukan pada Ratu Inggris

Dibesarkan dalam lingkungan yang cukup ketat, ternyata membuat sang ratu tidak melakukan hal-hal yang biasa kita lakukan setiap hari.
Ratu Elizabeth II. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan sosok penguasa kerajaan Inggris? Ya, Ratu Elizabeth II dari Britania Raya memiliki nama asli Elizabeth Alexandra Mary. Lahir pada 21 April 1926 saat ini ia sudah berkuasa sekitar 69 tahun.

Dibesarkan dalam lingkungan yang cukup ketat, ternyata membuat sang ratu tidak melakukan hal-hal yang biasa kita lakukan setiap hari. 


1. Tidak pernah sekolah

Hal unik pertama ialah Ratu Inggris tidak pernah bersekolah, namun ia mengenyam pendidikan dalam istana. Ia termasuk golongan orang yang berpendidikan tinggi karena memiliki pengajar pribadi bersama dengan saudara perempuannya Putri Margaret.

Pengajar istana pastinya mereka adalah pilihan terbaik yang disediakan negara. Sang ratu tidak hanya belajar mata pelajaran umum tetapi juga hukum dan ilmu konstitusional yang penting untuk bekal perannya di masa depan.


2. Tidak pernah berswafoto

Dalam protokol kerajaan tidak mengizinkan hobi yang umum orang-orang lakukan. Meskipun beberapa orang dapat mengabadikan momen dengan anggota keluarga kerajaan lainnya. Namun, memang sang ratu sendiri tidak mau berswafoto dengan sukarela.


3. Tidak pernah langsung menggunakan sepatu barunya

Sang ratu sendiri selalu memesan sepatu dengan gaya yang sama dari perusahaan yang sama pula selama bertahun-tahun. Uniknya ia masih memerlukan seseorang “pelunak sepatu” untuk membuat sepatunya nyaman terlebih dahulu. Hal ini disebabkan ia menyukai bahan kulit patent yang bisa sangat keras ketika sepatu masih baru.


4. Tidak pernah berbelanja bahan makanan

Toko bahan makanan bukanlah sesuatu yang sering diasosiasikan oleh kerajaan karenanya anggota keluarga kerajaan tidak seharusnya membeli makanan sendiri.


5. Tidak pernah melakukan tes mengemudi

Ratu tidak pernah melakukan tes mengemudi dan merupakan satu-satunya orang Inggris yang tidak memerlukan dokumen mengendarai mobil, bahkan tidak membutuhkan plat nomor karena bagian dari hak kerajaannya.


6. Tidak pernah memiliki akun media sosial

Ratu ternyata tidak pernah memiliki akun media sosial dan tidak heran anggota keluarga kerajaan atau mereka yang menikahi keluarga kerajaan juga jarang cara memilikinya. Contohnya setelah menikah dengan pangeran Harry, Meghan markle menghapus akun Facebook, Instagram, dan Twitter pribadinya. Namun kita dapat mengikuti akun Twitter dan Instagram resmi @kensigntonroyal.


7. Tidak pernah berkencan

Sang ratu tidak pernah berkencan. Cukup beruntung kisah cintanya dapat menemukan pangeran tampan bernama pangeran Philip. 


8. Punya koki untuk hewan peliharaan

Kedelapan, meskipun sang ratu terkenal akan cintanya pada anjing peliharaan, tetapi ada koki khusus yang tugasnya membuat makanan mewah untuk peliharaan kerajaan.


9. Tidak pernah ikut pemilu

Sang ratu tidak pernah ikut pemilu tapi bukan berarti dia tidak diizinkan memilih. Secara hukum ia dapat memberikan suaranya pada pemilihan atau referendum apapun, namun memilih untuk bersikap netral terhadap politik dan dia telah mengikuti protokol kerajaan. Menariknya anggota keluarga kerajaan lainnya cenderung mengikuti jejak ratu.


10. Tidak memiliki paspor

Ratu Elizabeth tidak memiliki paspor. Ketika penguasa yang paling sering bepergian dalam sejarah Inggris ini tidak perlu membuktikan identitasnya kepada petugas imigrasi atau menunjukkan dokumen perjalanan apapun. Sedangkan, anggota keluarga kerajaan lainnya memiliki paspor.


11. Tidak pernah bepergian tanpa sekantong darahnya sendiri

Kesebelas, sang ratu tidak pernah bepergian tanpa sekantong darahnya sendiri. Alasannya tidak mudah untuk mendapatkan suplai darah yang bisa diandalkan. Pangeran Philip dan Pangeran Charles juga dengan demikian jika ada kebutuhan medis darurat ratu, suaminya, dan pewaris tahta Inggris agar dapat melakukan transfusi darah.


12. Ratu tidak pernah ke pusat kebugaran 

Ratu tidak pernah ke pusat kebugaran bahkan di masa mudanya. Ia tidak pernah terobsesi dengan makanan, sangat disiplin dan berkarakter ini dia tetap sehat dan dalam kondisi fisik yang baik. []

Berita terkait
Ratu Elizabeth II Paparkan Agenda Pemerintah Inggris
Ratu Elizabeth II sampaikan pidato resmi Pembukaan Parlemen Inggris yang menjadi penampilan resmi pertama ratu sejak kematian suaminya
Tradisi Pembuatan Selai Jeruk Sevilla untuk Ratu Inggris
Kota Sevilla, Spanyol, mempertahankan tradisi pembuatan selai jeruk untuk roti sarapan pagi Ratu Inggris
Ratu Inggris Elizabeth II Tanggapi Tuduhan Rasisme Meghan
Ratu Inggris, Tuduhan Rasisme, tanggapi tuduhan rasisme yang diungkapkan, istri Pangeran Harry, Meghan, dengan sangat serius
0
Indro Warkop Sedih, Tak Ada Izin dari Grup Terbaru Warkopi
Indro Warkop DKI tidak terima karena grup terbaru yang belakangan ini sedang viral dengan meniru grup Warkop DKI yang tak ada izin dari pihaknya.