UNTUK INDONESIA
12 Fakta Selvi Ananda Menantu Presiden Jokowi
Risiko jadi menantu Presiden Jokowi, Selvi Ananda disorot kamera sejak pernikahan hingga melahirkan Jan Ethes kemudian La Lembah Manah.
Putra sulung Presiden Joko Widodo (kiri), Jan Ethes Srinarendra (tengah), dan Selvi Ananda (kanan). (Foto: Instagram/@dierabachir)

Jakarta - Selvi Ananda dikenal sebagai istri Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi. Ia menikah dengan Gibran pada saat Jokowi adalah orang nomor satu di Indonesia, sehingga momen istimewanya itu mendapat perhatian luas. Hal sama terjadi saat ia melahirkan Jan Ethes Srinarendra kemudian La Lembah Manah.

Ia tidak pernah mengungkapkan isi hatinya secara terbuka, bagaimana rasanya jadi menantu Presiden Jokowi. Berikut sederet fakta Selvi Ananda.

1. Melahirkan Anak Kedua

Selvi AnandaSelvi Ananda didampingi suami, Gibran Rakabuming, Jan Ethes, dan putri yang baru lahir, La Lembah Manah (kanan di boks). (Foto: Instagram/La Lembah Manah)

Selvi Ananda melahirkan anak kedua, perempuan diberi nama La Lembah Manah di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, Jumat, 15 November 2019.

La lembah Manah, adik Jan Ethes, lahir dengan berat 2,92 kg dan panjang 46,5 cm.

La Lembah Manah mengandung makna yang unik, Lembah Manah berasal dari Bahasa Jawa yang artinya rendah hati. Sedangkan kata La merupakan singkatan yang masih dirahasikan Gibran

2. Melahirkan Jan Ethes

Keluarga GibranSelvi Ananda di antara Gibran dan Jan Ethes. (Foto: Instagram/@janethes_story)

Selvi Ananda melahirkan anak pertama, Jan Ethes, juga di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta pada 10 Maret 2016

Jan Ethes Srinarendra artinya pemimpin yang cerdas dan cekatan.

3. Hari Pernikahan

Jan EthesSelvi Ananda bersama Gibran dan Jan Ethes Srinarenda. (Foto: Instagram/janethes_story)

Selvi Ananda dinikahi Gibran Rakabuming pada 11 Juni 2015

4. Hari Kelahirannya

Jokowi dan Jan Ethes KompakSelvi Ananda dan keluarga Presiden Jokowi di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Sabtu, 8 Juni 2019. (Foto: Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selvi Ananda lahir di Surakarta, 9 Januari 1989.

5. Ayah Ibu

Selvi AnandaSelvi Ananda saat masih hamil kedua, bersama Gibran Rakbuming Raka dan Jan Ethes. (Foto: Tagar/ Reyma Pramista)

Selvi Ananda adalah putri dari pasangan Fransiska Sri Partini dan Ignatius Didit Supriyadi.

6. Pindah Agama

Gibran KaesangSelvi Ananda di antara Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. (Foto: Tagar/Reyma Pramista)

Selvi Ananda berpindah dari agama Katolik Roma ke Islam sebelum menikah dengan Gibran.

7. Pendidikan

Presiden JokowiSelvi Ananda bersama keluarga Presiden Jokowi di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 8 Desember 2018. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Selvi Ananda bergelar Sarjana Akuntansi alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta. Ia kuliah empat tahun saja, 2007-2011, lulus dengan predikat memuaskan dengan IPK 3,4. Sebelumnya, menempuh pendidikan menengah atas di SMAN 1 Surakarta.

8. Ikut Kontes Kecantikan

Jokowi, Jan Ethes dan Irana Sapa WargaSelvi Ananda bersama keluarga Presiden Jokowi di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Sabtu, 8 Juni 2019. (Foto: Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selvi Ananda dinobatkan sebagai pemenang kontes Putri Solo pada 2009.

9. Bekerja di Bank

Presiden JokowiSelvi Ananda bersama keluarga Presiden Jokowi di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 8 Desember 2018. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Selvi Ananda sebelum menikah dengan Gibran Rakabuming, adalah wanita karier. Setelah lulus kuliah, ia bekerja di sebuah bank swasta, Bank Panin.

10. Kuliah Sambil Bekerja

Selvi AnandaCantiknya Selvi Ananda dengan perut buncitnya yang dibaluti dress putih panjang. (Foto: Instagram/reisabrotoasmoro)

Selvi Ananda saat berstatus mahasiswi sempat bekerja sebagai presenter di sebuah stasiun TV lokal, TATV atau Terang Abadi TV.

11. Pertemuan dengan Gibran

Presiden JokowiSelvi Ananda bersama keluarga Presiden Jokowi di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 8 Desember 2018. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Selvi Ananda bertemu Gibran Rakabuming ketika ia mengikuti kontes Putri Solo 2009. Siapa menyangka, Gibran adalah juri dalam kontes tersebut.

Sebelumnya pada 2007 Selvi mengikuti kontes Putri Solo tapi gagal. Pada 2009 ia mencoba lagi dan berhasil menyisihkan 42 finalis Putri Solo. Ia keluar sebagai kontestan dengan skor tertinggi di kategori kecerdasan, perilaku, dan kecantikan.

Acara kontes berlalu, tidak demikian Selvi dan Gibran. Justru pada titik ini mereka semakin dekat. Tepatnya setelah Selvi ditugaskan sebagai duta pariwisata Kota Solo di Singapura pada 2010. 

12. Ibu Rumah Tangga

Gibran dan KeluargaSelvi ananda bersama Gibran dan Jan Ethes.. (Foto: Instagram/@dierabachir)

Selvi Ananda setelah menikah, berhenti bekerja. Ia memutuskan jadi ibu rumah tangga. Ia mengatakan ibu rumah tangga adalah wanita yang kuat, hebat, multitasking. []

Baca juga:

Berita terkait
Rasa Syukur Jokowi saat Jenguk La Lembah Manah
Presiden Jokowi terbang ke Solo setelah kunjungan kerja di Lampung untuk menjenguk cucu ketiganya La Lembah Manah.
La Lembah Manah, Nama Cucu Ketiga Jokowi
Presiden Jokowi memiliki cucu ketiga, yang lahir Jumat sore. Bayi perempuan dari pasangan Gibran-Selvi ini diberi nama La Lembah Manah.
Gibran Siapkan Nama Perempuan untuk Adik Jan Ethes
Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka telah menyiapkan nama anak perempuan untuk calon adik Jan Ethes.
0
Mitsubishi Pajero Tabrak Vario di Tegal, Dua Tewas
Kecelakaan terjadi di Tegal mengakibatkan dua pengendara motor meninggal dunia.