1.158 NIP CPNS Kemenag Aceh Tuntas, Awas Calo

1.158 NIP Calon PNS Kemenag Aceh sudah keluar. Para CPNS diminta jangan tergiur calo dalam pengurusan surat keputusan (SK).
Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Aceh, H Saifuddin. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh - Sebanyak 1.158 Nomor Induk Pegawai (NIP) Calon PNS Kemenag Aceh sudah keluar. Tersisa 127 orang masih dalam proses di Badan Kepegawaian Negara (BKN). Para CPNS diminta jangan tergiur calo dalam pengurusan surat keputusan (SK).

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, H Saifuddin memastikan hal itu, Jumat 10 Mei 2019.

"1.158 NIP CPNS Kemenag Aceh sudah ada. Sebanyak 127 NIP lagi belum keluar, masih dalam proses verifikasi di BKN. Dari informasi yang kami terima Insya Allah dalam waktu dekat akan tuntas," ujar Saifuddin.

Penyebab 127 CPNS belum keluar NIP, karena ada beberapa dokumen masih dalam tahap verifikasi, seperti perbedaan nama, tempat tanggal lahir, antara ijazah dan KTP, wewenang pejabat yang leges ijazah dan lain lain.

"Termasuk untuk formasi tenaga eks honorer yang membutuhkan waktu lebih lama dalam memverifikasi SK honor," katanya.

Ia menambahkan, saat ini Kemenag Aceh sedang menunggu surat edaran penetapan tanggal SK yang akan dientri ke sistem aplikasi pelayanan kepegawaian (SAPK) dari Kemenag RI untuk proses cetak surat keputusan.

Dengan demikian, tahap selanjutnya Kanwil Kemenag Aceh akan mencetak SK CPNS melalui aplikasi SAPK sesudah ada tanggal penetapan dari pusat.

“Insya Allah bulan ini Kemenag Aceh akan mencetak SK pengangkatan CPNS melalui aplikasi SAPK, dan selanjutnya diserahkan kepada masing-masing CPNS sekalian penetapan tempat tugas," jelas Saifuddin.

Mengenai kapan SK tersebut selesai dicetak, ia mengatakan sebelum Idul Fitri semua SK CPNS Kemenag Aceh sudah tuntas.

"Bulan Mei semua SK sudah selesai dicetak dan setelah Idul Fitri para CPNS sudah aktif di tempat kerja masing-masing, mohon bersabar karena direncanakan penyerahan dilakukan secara serentak se-Indonesia," ujarnya.

Selain itu, ia meminta kepada seluruh CPNS Kemenag Aceh yang sedang menunggu SK untuk bersabar dan tidak terpengaruh kepada oknum-oknum yang mengaku dapat mengurus atau meminta uang untuk pengurusan SK.

"Akan segera kami umumkan melalui website Kemenag Aceh," tutup Saifuddin.

Seperti diketahui, sebanyak 1.285 peserta dinyatakan lulus sebagai CPNS Kanwil Kemenag Aceh Formasi 2018, baik reguler maupun jalur honorer. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Demokrat: egah Polarisasi, Elit Politik Jangan Takut Berkompetisi
Demikian ditegaskan Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, dalam keterarannya pada Selasa, 28 Juni 2022.