11 Unit Ruko Hangus Terbakar di Bener Meriah Aceh

Kebakaran di jalan lintas Takengon-Bireuen di Desa Simpang Teritit, Kec Wih Pesam, Kab Bener Meriah, Aceh, hanguskan 11 unit ruko.
Mobil Damkar Pemkab Bener Meriah memadamkan api yang menghanguskan 11 unit ruko berkontruksi kayu di kawasan Simpang Teritit, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, 12 Mei 2021, pukul 01.43 WIB (Foto: Tagar/Istimewa)

Bener Meriah, Aceh - Kebakaran di jalan lintas Takengon-Bireuen di Desa Simpang Teritit, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, 12 Mei 2021, pukul 01.45 WIB. Kebakaran yang menghanguskan 11 unit ruko itu terjadi saat pemilik ruko pulang kampung mudik lebaran.  

Komandan Kodim (Dandim) 0119/BM, Letnan Kolonel Inf Valyan Tatyunis, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp mengatakan bawah kejadian diketahui sekitar pukul 01.45 WIB dini hari saat itu api sudah mulai membesar.

"Kita langsung kerahkan personel ke tempat lokasi kejadian untuk membantu dan mengamankan lokasi kebakaran guna mengatur lalu lintas Jalannya Mobil Damkar menuju TKP," kata Dandim. Sambil memantau perkembangan kejadian kebakaran tersebut Dandim juga berkordinasi dengan pihak terkait.

"Kita juga berkordinasi dengan mobil damkar Aceh Tengah agar mengirimkan armadanya ke lokasi kejadian," ujar Dandim.

kebakaran aceh2Kebakaran menghanguskan 11 unit ruko berkontruksi kayu di kawasan Simpang Teritit, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, 12 Mei 2021, pukul 01.43 WIB (Foto: Tagar/Istimewa)

Sementara itu Danramil 02/Wps, Kapten Inf Trimo, menjelaskan kebakaran diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik dari salah satu rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya ke luar kabupaten.

Konstruksi bangunan yang terbuat dari papan juga membuat api semakin membesar dan menyebar kerumah lainnya yang berdampingan. Akibatnya, 11 ruko hangus terbakar. “Tidak ada korban jiwa,” kata Danramil.

Api dapat di padamkan sekitar pukul 03.30 WIB dengan menggunakan tujuh unit damkar Bener Meriah, satu unit mobil water canon Brimob Ki-3 Yon B Pelopor dan tiga unit armada dari damkar Aceh Tengah dibantu aparat TNI dan Polri bersama masyarakat setempat.

Sampai pagi petugas gabungan masih menyisir lokasi dan melakukan pendinginan guna memastikan tidak ada sumber api di tempat kebakaran. Penyebab kebakaran dalam penyelidikan pihak kepolisian Polres Bener Meriah (laung). []

Berita terkait
TNI dan Polri Bersihkan Puing Kebakaran di Bener Meriah
Sejumlah personel TNI dari Koramil 03/ TMG, Kodim 0119/BM, Aceh, ikut membantu korban kebakaran Bener Meriah, Aceh
0
Kisah Ganjar Pranowo Bantu Istri Ajudan Bung Karno
Berikut kisah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membantu istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno melunasi rumah kontrakannya.