UNTUK INDONESIA
11 Ucapan Selamat Idul Fitri 2020 dalam Bahasa Bugis
Pandemi Covid-19 tahun 2020 ini tidak bisa menghentikan kegembiraan muslim merayakan Lebaran. Berikut ucapan selamat Idul Fitri dalam bahasa Bugis.
Ilustrasi - Rumah Adat Bugis. (Foto: Wawasan Edukasi)

Jakarta - Pandemi Covid-19 yang terjadi tahun 2020 ini tidak bisa menghentikan kegembiraan muslim merayakan Idul Fitri. Beradaptasi dengan keadaan, perayaan Lebaran dilakukan di rumah masing-masing. Tak mengapa tidak mudik, tidak berjabat tangan. Semua saling tahu keadaan mengharuskan demikian demi memutus rantai penyebaran virus.

Menjaga jarak fisik harus dilakukan demi keselamatan semua, tapi bukan menjaga jarak sosial. Jalinan silaturahmi bisa dilakukan dengan teknologi komunikasi di tengah zaman serba digital saat ini.

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum (Semoga Allah menerima puasa dan amal dari kami dan puasa dan amal dari kalian).

Berikut ucapan selamat Idul Fitri beserta terjemahan dalam bahasa Bugis.

1. Terkadang mata salah dalam melihat, hati salah saat menggugat, mulut salah berucap hingga menyayat. Di bulan dan hari yang suci ini, dengan niat setulus hati, saya ingin memohon maaf sebesar-besarnya. Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Biasa matae salah makkita, ati salah menggugat, timu’ salah maffau angkengna mappakafeddi. Ri hulen na esso marajae, pole laleng atie, meloka mellau dampeng pada idi’ maneng siloppo’-loppona. Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

2. Ketika tangan tak bisa saling menjabat, mata tak pula bisa saling menatap, maka melalui pesan singkat ini saya mengucap: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah! Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Narekko jari de’na ulle’ ma’jaba, mata de’tona naulle’ siduppa, maka pole pappaseng poncoe melokka mappau: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah! Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

3. Ada banyak yang telah kita lalui setahun ini. Ada banyak canda yang berubah menjadi marah. Ada banyak kata yang berubah menjadi senjata. Ada banyak sakit hati di antara banyaknya janji. Untuk itulah, di momen yang suci ini, izinkan saya dan keluarga mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Engka maega saba’ rilalloi ri taungede. Engka maega paddicawang mabbale mancaji cai’. Engka maega pappau mabbale mancaji senjaga. Engka maega peddi ati pole ri egana janci. Nasaba engkana momen marajarae, Ia sibawa keluarga meloka mellau dampeng Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

4. Harta paling berharga adalah sabar. Teman paling setia adalah amal. Ibadah paling indah adalah ikhlas. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf atas segala khilaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Warangparang ianaritu saba’ sabbarae. Silong paling setia ianaritu amala. Ibadah paling makessing ianaritu diasengge ikhlas. Ajjamang paling matane ianaritu millaudampeng. Tadempengemga pole rimaegana khilaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

5. Ketika lenganku tidak dapat menjangkau orang-orang yang dekat di hatiku, aku selalu memeluk mereka dalam setiap doaku. Semoga kedamaian dan berkah Allah SWT selalu bersamamu. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Narekko jarikku de’naullei makkatenni tau rilalengna atikku, namo biasa mui uraka’ kolalengna doaku. Semoha engka damai na barakka pole puang marajae Allah SWT selalu bersamamu. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

6. Salah kata pernah terucap, salah sikap pernah terungkap, kembali fitrah selalu diharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Pappau sala pura messu pole ri timue, sala mappigau pura ipigau, mancaji macinnong selalu diharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

7. Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

Mata biasa salah makkita, timutta biasa to salah mapppau, attita biasa to sala mappinedding, dengan niat pole laleng ati’ melokka mellau dampeng mohon maaf lahir dan batin.

8. Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin.

Narekko pappau me’bui dusta, narekko jappa mabbate, narekko ati maega prasangka, narekko engka jappa mattaro peddi’, tadempengenga. Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin.

9. Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku. Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin.

Untuk ati purae peddi pole ri tarengna lilae. Untuk ale purae ri peddiri maja pappigau. Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin.

10. Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa. Terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mohon maaf lahir dan batin di hari yang suci. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Engka biasa khilaf rilalengna paddicawang, engka peddi tergores pole micawa. Engka laing pappigau, peddi ati rilaleng mabbicara. Tadempengenga lino lettu ahera ko esso macinnong e. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

11. Sebening embun di pagi hari, seputih kapas tanpa biji, berharap selamanya seperti ini. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.

Mappada cinnongna apung ri ele’e, mappada pute’, kapas de’na negka biji, semoga matteru mappada iddi. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin. []

Baca juga:

Berita terkait
Kapan Pertama Kali Idul Fitri Dirayakan
Idul Fitri, hari kemenangan kaum muslim setelah satu bulan menjalankan puasa Ramadan. Tapi sebenarnya, kapan pertama kali Idul Fitri dirayakan?
Bagaimana Nabi Muhammad SAW Merayakan Idul Fitri
Hari raya Idul Fitri momen penting bagi umat Islam yang biasanya dirayakan dengan meriah. Bagaimana Nabi Muhammad SAW merayakan Idul Fitri.
99 Ucapan Selamat Idul Fitri 2020 Indonesia-Inggris
Idul Fitri 2020 di tengah pandemi Covid-19, di rumah saja, tidak boleh salaman, ganti dengan kata indah dalam pesan. Ini 99 ucapan Idul Fitri.
0
Cuti Bersama, Protokol Kesehatan di Bukittinggi Makin Ketat
Kota Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata utama di Sumatera Barat akan berlakukan protokol kesehatan ketat di objek wisata.