UNTUK INDONESIA
11 Ucapan Selamat Idul Fitri 2020 dalam Bahasa Aceh
Di tengah pandemi Covid-19, muslim tetap bisa menjalin silaturahmi pada hari Lebaran. Berikut ucapan selamat Idul Fitri 2020 dalam bahasa Aceh.
Para jemaah mencuci tangan setelah melaksanakan salat Jumat di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Aceh, Jumat, 3 April 2020. (Foto: Tagar/Ahmad Mufti)

Banda Aceh - Hari Raya Idul Fitri 2020 terjadi pada saat dunia dikepung pandemi corona atau Covid-19. Protokol kesehatan mengharuskan semua orang berada di rumah, tidak boleh berjabat tangan dengan orang lain, menjaga jarak fisik minimal dua meter, untuk memutus rantai penyebaran virus.

Di tengah situasi yang memprihatinkan, kaum muslim tetap bisa menjalin silaturahmi dengan sesama melalui teknologi komunikasi, mengirimkan pesan dengan kata-kata yang indah, menyampaikan ucapan selamat dan permintaan maaf untuk menjaga hubungan baik.

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum (Semoga Allah menerima puasa dan amal dari kami dan puasa dan amal dari kalian).

Berikut ucapan selamat Idul Fitri beserta terjemahan dalam bahasa Aceh.

1. Terkadang mata salah dalam melihat, hati salah saat menggugat, mulut salah berucap hingga menyayat. Di bulan dan hari yang suci ini, dengan niat setulus hati, saya ingin memohon maaf sebesar-besarnya. Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Terkadang mata salah wate meukalon, hate salah wate menggugat, babah salah wate meukheun sampo teupeh hate. Di buleun dan uroe suci nyo, deungon niet tulus hate, lon neuk lake meuah beurayeuk-rayeuk that. Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Neupemeuah Lahee dan Baten.

2. Ketika tangan tak bisa saling menjabat, mata tak pula bisa saling menatap, maka melalui pesan singkat ini saya mengucap: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah! Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Watee jaroe hanjeut saleng meusalam, mata han jeut cit saleng meukalon, maka rot pesan singkat nyo lon kheun: Seulamat Uroe Raya Idul Fitri 1441 Hijriah! Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Neupeumeuah Lahee dan Baten.

3. Ada banyak yang telah kita lalui setahun ini. Ada banyak canda yang berubah menjadi marah. Ada banyak kata yang berubah menjadi senjata. Ada banyak sakit hati di antara banyaknya janji. Untuk itulah, di momen yang suci ini, izinkan saya dan keluarga mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Lee yang ka talewat dalam sithon nyo. Lee mayang yang jeut keu beungeh. Lee haba yang jeut keu beude. Lee saket hatee di antara jai janji. Karena nyan, bak watee yang suci nyo, izinkan lon dan keluarga meukheun Minal Aidin Wal Faidzin, mohon neupeumeuah lahee dan baten.

4. Harta paling berharga adalah sabar. Teman paling setia adalah amal. Ibadah paling indah adalah ikhlas. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf atas segala khilaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Harta paleng berharga adalah saba. Ngon paleng setia adalah amai. Ibadah paleng indah adalah ikhlas. But paleng brat adalah saleng peumeuah. Mohon neupeumeuah ateuh segala khilaf. Seulamat Uroe Raya Idul Fitri 1441 H.

5. Ketika lenganku tidak dapat menjangkau orang-orang yang dekat di hatiku, aku selalu memeluk mereka dalam setiap doaku. Semoga kedamaian dan berkah Allah SWT selalu bersamamu. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Watee seungke lon han troh ureung-ureung yang to di hate lon, lon sabee um awak nyan setiap doa lon. Semoga keudamaian dan berkah Allah SWT sabee bersama droneuh. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

6. Salah kata pernah terucap, salah sikap pernah terungkap, kembali fitrah selalu diharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Salah haba tom tepeugah, salah sifeut tom meupubut, wo ke fitrah sabee geuharab. Seulamat Uroe Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin. Lon Mohon Meuah Lahee dan Baten.

7. Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

Mata sereng salah meukalon, babah sereng salah meukheun, hatee sereng salah prasangka, deungon niet yang tuloh dan suci nyo lon kheun mohon meuah lahee dan baten.

8. Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin.

Meunyo haba meurangkai dusta, menyo langkah mebekas lara, meunyo hate punoh prasangka, dan menyo na langkah yang jeut keu luka, lon mohon bukakan pinto meuah. Seulamat Idul Fitri, Mohon meuaf lahee dan baten.

9. Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku. Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin.

Untuk hatee yang tom luka oleh tajam that lidah. Untuk jiwa yang saket oleh brok that sifeut dan but. Seulamat Idul Fitri dan lon mohon meuah lahee dan baten.

10. Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa. Terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mohon maaf lahir dan batin di hari yang suci. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Meuselep khilaf bak mayang, na luka meugores bak mayang. Ditubit sedeh bak but, meusinggong rasa wate peugah haba. Mohon meuah lahee dan baten di uroe yang suci. Seulamat Uroe Raya Idul Fitri 1441 H.

11. Sebening embun di pagi hari, seputih kapas tanpa biji, berharap selamanya seperti ini. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.

Lagee bening umbon bak beungoh uroe, lagee puteh gapeuh hana aneuk, meuharap seulama jih lagee nyo. Seulamat Idul Fitri, mohon meuah lahee baten. []

Baca juga: 

Berita terkait
Sebagian Warga Aceh Mulai Salat Id Besok Pagi
Sebagian warga di Kabupaten Nagan Raya, Aceh mulai merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah besok pagi.
Tanpa Jaga Jarak Pengunjung Pasar Abdya Aceh Padat
Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, pengunjung pasar Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh membludak.
Sanksi ASN dan TK Aceh Jika Ketahuan Mudik Lebaran
Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Tenaga Kontrak (TK) di lingkungan Pemerintah Aceh dilarang mudik Idulfitri 1441 Hijriah.
0
11 Ucapan Selamat Idul Fitri 2020 dalam Bahasa Aceh
Di tengah pandemi Covid-19, muslim tetap bisa menjalin silaturahmi pada hari Lebaran. Berikut ucapan selamat Idul Fitri 2020 dalam bahasa Aceh.