UNTUK INDONESIA
11 Tokoh Melamar ke Demokrat untuk Pilkada Pessel
Sebelas orang tokoh di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mendaftar ke Partai Demokrat untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2020.
Ilustrasi Pilkada serentak 2020 (Foto: kab-limapuluhkota.kpu.go.id/Tagar/Ridwan Anshori)

Pesisir Selatan - Sebelas orang tokoh resmi mendaftar ke mendaftar ke Partai Demokrat sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, menyonsong pemilihan kepala daerah (pilkad) 2020.

Khusus Bapak Rusma Yul Anwar dan Faldo Maldini mendaftar Cabup.

Ketua Panitia Penjaringan Calon Kepala Daerah DPC Demokrat Pessel, Maulana Makmun, mengatakan sebelas nama itu tokoh tersebut merupakan hasil penjaringan bakal calon yang dilakukan Demokrat sejak 9 hingga 24 Desember 2019.

"Laporan penjaringan sudah kami kirim ke DPD Demokrat Sumbar untuk diproses di DPP Demokrat," katanya kepada Tagar, Rabu 25 Desember 2019.

Dia menjelaskan, dari 11 bakal calon tersebut, di antara terdapat nama Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar yang turut mendaftar sebagai calon bupati. Kemudian seorang dosen bernama Syaiful. Lalu, Ali Tanjung, seorang anggota DPRD Sumbar dan Ketua DPC Demokrat Pessel turut mendaftar sebagai calon bupati.

Disusul nama Afrizon Nazar Uncu dari pensiunan PNS, Asli Sa'an Ketua MUI Pessel, Asmil Ilyas Purnawirawan TNI, Burhanuddin dari Purnawirawan Polri, Cipta Panca Laksana Karyawan Swasta.

Selanjutnya Syafrizal Ucok, Kadis BPM Sumbar dan Syaidal Masfiyuddin mantan anggota DPRD Sumbar, dan terakhir Faldo Maldini.

"Khusus bapak Rusma Yul Anwar dan Faldo Maldini mendaftar Cabup, sesuai format penjaringan calon bupati dan wakil bupati di Demokrat," katanya.

Setelah masa penjaringan, sejumlah nama akan diseleksi ditingkat DPP, dan nama-nama dipilih berdasarkan hasil survei. Jika hasil survei sudah menentukan, maka itulah nanti yang akan diusung Demokrat di Pilkada Pessel.

"Tentunya, itu merupakan hasil mutlak dan memilih berdasarkan elektabilitas dan kepercayaan masyarakat pada masing-masing kandidat," tuturnya.

Seperti diketahui. Pessel bersama 12 kabupaten/kota di Sumbar ditambah satu provinsi menggelar Pilkada. Sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemilihan dilakukan 23 September 2020. []

Berita terkait
Maju Pilkada Pessel, Faldo Maldini Daftar Demokrat
Politisi muda Faldo Maldini mendaftar sebagai bakal calon bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, ke Partai Demokrat.
Waspada, Sumbar Masih Dikepung Cuaca Ekstrem
Wilayah Sumatera Barat masih dikepung cuaca ekstrem. Kondisi ini diperkirakan akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan.
Mobil Ditimpa Batu Longsor Padang, 3 Warga Luka
Longsor yang membawa batu besar di Kota Padang, Sumatera Barat, menimpa satu unit mobil. Akibatnya, tiga orang warga terluka.
0
Nasib Bisnis Travel Pegadaian Pasca Moratorium Umrah
Pegadaian menyiapkan langkah strategis mengantisipasi dampak penyebaran virus corona yang melanda Indonesia, bagi agen perjalanan