UNTUK INDONESIA
11 Tips Cegah Kantuk Saat Berpuasa
Tak sedikit orang kerap merasakan kantuk saat berpuasa. Berikut tips mudah mencegah kantuk tersebut.
Ilustrasi Mengantuk. (Foto: sleepoutfitters.com)

Jakarta - Ketika berpuasa pasti kerap merasakan kantuk. Jika rasa mengantuk itu muncul, tentu akan berdampak pada penurunan konsentrasi sehingga menyebabkan tubuh tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas. 

Selama berpuasa, rasa kantuk luar biasa sering muncul pada siang hari. Proses adaptasi mengubah jam tidur dan pola makan kadang menjadi salah satu faktor tubuh mengantuk.

Rasa kantuk tak boleh dipelihara agar tidak mengganggu ibadah puasa. Jangan biarkan persoalan ini menuntun Anda menjadi pribadi yang malas karena bisa mengurangi pahala berpuasa. 

Ada banyak cara yang  bisa dilakukan untuk mencegah rasa kantuk selama puasa. Berikut Tagar rangkumkan tips mengatasi persoalan tersebut. 

1. Waktu Tidur yang Cukup

Begadang dan tidur terlalu larut dapat membuat waktu istirahat berkurang. Sementara, tubuh memiliki porsi waktu beristirahat demi menjaga kebugaran di siang hari.Salah satu faktor penyebab kantuk pada saat beraktivitas adalah kurangnya waktu beristirahat di malam hari. Saat puasa, waktu sahur mengharuskan tubuh bangun dini hari.

Begadang dan tidur terlalu larut dapat membuat waktu istirahat berkurang. Sementara, tubuh memiliki porsi waktu beristirahat demi menjaga kebugaran di siang hari.

Kurangnya waktu tidur pada malam hari inilah yang menyebabkan rasa kantuk. Selain itu, tubuh menjadi lebih sering menguap, mata yang berat, dan perasaan tak bersemangat akan muncul.

2. Majukan Jam Tidur Malam 

Aktivitas sahur yang dijalani bisa mempengaruhi waktu tidur Anda. Jadi, atur jadwal tidur sebaik mungkin agar tubuh beristirahat secara cukup.

Apabila tidur di atas pukul 23.00, maka majukan jam tidur Anda lebih awal sekitar pukul 21.30 hingga 22.00. Dengan begitu, tubuh memiliki waktu istirahat sekitar lima hingga enam jam sebelum sahur.

3. Jangan Tidur Lagi Setelah Sahur

Kebiasaan tidur setelah sahur harus dihindari agar tidak menimbulkan risiko buruk pada kesehatan tubuh. Jika, Anda tidak memberikan jeda waktu sistem organ mencerna makanan, tentu akan menyebabkan permasalahan yang serius, seperti refluks asam.

Tidur kembali setelah sahur, justru membuat suasana hati di pagi hari seperti bermalas-malasan. Sebaiknya, lakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti mengaji. Kegiatan spiritual semacam itu jauh lebih baik dan bermanfaat ketimbang tidur lagi.

4. Berjalan Kaki

Sebelum menjalani aktivitas, upayakan menggerakkan tubuh, seperti berjalan kaki santai sekitar 10 menit. Aktivitas tersebut mampu membuat oksigen terpompa lebih maksimal menuju pembuluh darah sehingga rasa kantuk dapat dihalau. 

Salah satu penyebab rasa kantuk adalah otak yang kekurangan pasokan oksigen.

5. Berjemur Sinar Matahari Pagi

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kantuk selama puasa yaitu dengan berjemur di sinar matahari pagi. Selain memiliki banyak manfaat bagi tubuh, hal itu juga mampu meminimalisir rasa kantuk. 

Ketika kantuk datang di siang hari, upayakan sinar matahari bisa masuk lebih leluasa ke dalam ruangan atau menyalakan lampu lebih terang. Jika pencahayaan di dalam ruangan terlalu redup, rasa kantuk bisa terasa lebih berat.

6. Melatih Pernapasan

Cari posisi tubuh senyaman mungkin. Duduklah dengan punggung tegak dan tangan memegangi perut. Lalu, tarik napas dalam-dalam secara perlahan sampai perut terisi udara cukup penuh.

Selanjutnya, hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan selama beberapa kali sampai tubuh dan pikiran terasa lebih segar. Hal ini mampu mencegah rasa kantuk yang datang saat berpuasa.

7. Berolahraga

Rasa kantuk kerap datang lantaran tubuh kurang segar. Mengatasi masalah ini, salah satu caranya yaitu dengan berolahraga.

Disarankan mencegah rasa kantuk itu, Anda melakukan kegiatan berolahraga setiap pagi setelah salat subuh. Hal ini bermanfaat untuk mengisi kekosongan waktu sambil menanti pagi hari.

Selain dapat membakar kalori di dalam tubuh, tentunya berolahraga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selama berpuasa, jangan melakukan olahraga yang berat karena bisa menyebabkan kelelahan.

8. Mendengar Musik yang Ceria

Salah satu cara mencegah rasa kantuk selama puasa lainnya dengan mendengarkan lagu atau musik yang ceria. Pasangkan headset, lalu dengarkan musik yang menghilangkan rasa kantuk.

Dengan begitu, perasaan mengantuk akan hilang dan tubuh menjadi lebih semangat dalam menjalani aktivitas selama puasa.

9. Istirahat Sejenak di Siang Hari

Meski rasa kantuk kerap muncul di siang menjelang sore hari, sempatkan beristirahat atau tidur siang selama 15 sampai 30 menit. Beristirahat sejenak di siang hari bertujuan agar tubuh lebih fit ke depannya sampai waktu berbuka puasa dan konsentrasi tetap terjaga. 

Tubuh yang kekurangan energi menjadi masalah baru yang berdampak pada kurangnya suplai energi ke otak. Akibatnya, tubuh lebih cepat merasa mengantuk, lemas, lesu, dan sulit berkonsentrasi. Dengan beristirahat sejenak, Anda bisa mencegah rasa kantuk selama puasa. 

10. Pasang Aromaterapi Pembangkit Semangat

Rasa kantuk selama puasa dapat diusir juga dengan menyalakan aromaterapi yang membangkitkan suasana di sekitar. Pilih kombinasi essential oil, seperti  lemon, peppermint, frankincense, sweet orange, dan juga spearmint untuk mengembalikan rasa semangat yang kendur akibat mengantuk. 

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan beberapa di antara essential oil di atas untuk menghasilkan aroma yang menyenangkan dan mengusir kantuk.

11. Cuci Muka atau Basuh Kaki dengan Air Dingin

Berwudu dan menunaikan salat sunnah dhuha bisa dilakukan apabila rasa kantuk datang pada jam-jam sebelum waktu zuhur. Selain itu, mencuci muka atau membasuh kaki dengan air dingin juga membuat tubuh terasa lebih segar. Wajah yang tadinya kusut bisa kembali bugar setelah dibasuh air dingin. []

Baca juga:

Berita terkait
7 Tips Menjaga Tubuh Bugar Saat Lupa Sahur
Selama puasa, tentu tak sedikit orang pernah melewatkan sahur karena terlambat bangun pagi. Berikut tips menjaga tubuh bugar meski tidak sahur.
Tips Mudah Menjaga Kulit Tidak Kering Selama Puasa
Selama bulan puasa, kulit cenderung mengalami dehidrasi lebih cepat dari biasanya. Berikut tips mudah cegah kulit kering selama puasa.
Tips Agar Ibu Menyusui Bisa Berpuasa Selama Ramadan
Perempuan yang sedang menyusui boleh tetap berpuasa selama Ramadan asalkan produksi ASI mencukupi kebutuhan anak.
0
11 Tips Cegah Kantuk Saat Berpuasa
Tak sedikit orang kerap merasakan kantuk saat berpuasa. Berikut tips mudah mencegah kantuk tersebut.