11 November, Perayaan Hari Jomblo Sedunia dan Belanja Murah

11 November identik dengan hari Belanja Nasional, tapi ada juga Hari Jomblo Sedunia alias Single Day. Bagaimana ceritanya?
Singles\' Day (Hari Jomblo) di China. (Foto: Tagar|Retail Gazette|Singles\' Day).

Jakarta - Angka 11.11 begitu identik dengan perayaan hari belanja dengan diskon besar-besaran yang dilakukan oleh sejumlah layanan jual-beli daring atau E-Commerce dalam keriaan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. Namun sejatinya, tanggal 11 November juga diperingati sebagai hari jomblo sedunia.

Laman Spinoff mencatat, tanggal 11 November setiap tahunnya diperingati sebagai hari Jomblo Sedunia atau lebih populer dengan istilah Single Day. Hari besar ini diadakan sebagai bentuk reaksi terbalik terhadap perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day.

Peringatan tanggal 11 November sebagai hari Jomblo mulanya dirayakan sekelompok mahasiswa di sebuah asrama kampus di Tiongkok, yakni Universitas Nanjing pada medio 1990-an.

Perayaan bermula ketika empat orang siswa laki-laki mendiskusikan bagaimana mereka dapat lepas dari hidup yang monoton sebagai lajang alias jomblo. Kemudian, keriaan ini tersebar luas dan menjadi budaya di asrama itu selama bertahun-tahun.

Belakangan, perayaan serupa terus menyebar seantero negeri. Bahkan di era internet dan media sosial, budaya tersebut mulai keluar dari Tiongkok dan mulai dirayakan oleh para jomblowan dan jomblowati dari berbagai penjuru dunia hingga saat ini.

SendiriSeorang pria menyendiri alias menjomblo. (Foto: Pixabay/pexels)

Perayaan ini benar-benar mulai memberikan pengaruh besar dan dikenal di seluruh dunia saat diadopsi oleh raksasa e-commerce Alibaba pada tahun 2009.

Layanan jual-beli daring besutan Jack Ma itu mengubah istilah Double 11 atau angka 11.11 sebagai hari ketika semua orang dapat memanjakan diri dengan berbagai hal baru yang dijajakan di laman Ali Baba.

Sementara perayaan Hari Jomblo Sedunia mulai memiliki arah yang jelas ketika sejumlah jomblo di Tiongkok mengikrarkan tema "Berhenti Melajang" menjadi gerakan kolektif.

Keriaan kemudian diramaikan dengan berbagai kegiatan, termasuk kencan buta yang begitu marak setiap tanggal 11 November tiba.

Glorifikasi tanggal 11 November di Cina mencapai puncaknya pada tahun 2011 silam, ketika sebanyak 4000 pasangan menikah di hari itu dan menjadikan perayaan Hari Jomblo Sedunia pada tanggal 11.11 sebagai angka cantik penanda berakhirnya kehidupan lajang mereka. []


Berita terkait
Hari Belanja Online di Indonesia, Apa Beda 11.11 dengan 12.12
Hari ini tanggal 11 November 2020, e-commerce menggelar program promo belanja online dengan memberikan diskon besar-besaran.
Tiga Cara Ampuh Hilangkan Kecanduan Belanja Online
Anda telah kecanduan belanja online. Apakah kebiasaan itu bisa dihilangkan? Tentu bisa.
Kenapa Belanja Online di China Disebut Hari Jomblo?
Hari belanja online setiap tanggal 11 November di China disebut dengan singles day atau hari jomblo.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.