UNTUK INDONESIA
11 Manfaat Konsumsi Air Hangat Saat Berbuka Puasa
Minum air hangat saat berbuka puasa sangat dianjurkan ketika ingin menghilangkan dahaga. Berikut manfaat minum air hangat saat berbuka puasa.
Ilustrasi Air Hangat. (Foto: neuck.com)

Jakarta - Konsumsi air hangat saat berbuka puasa sangat dianjurkan ketika ingin menghilangkan dahaga. Pasalnya, minuman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Mengonsumsi air hangat dalam keadaan perut kosong dipercaya bermanfaat bagi pencernaan. Dengan kondisi tersebut, sistem organ pencernaan tentu tidak akan kaget ketika melakukan tugasnya mencerna makanan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai manfaat minum air hangat saat berbuka puasa.

1. Menyehatkan Pencernaan

Minum air hangat bisa menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Air merupakan pelumas yang membuat pencernaan terus berjalan, sehingga saat mengalir melalui perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan limbah secara efektif.

2. Mencegah Sembelit

Minum segelas air saat perut kosong bisa membantu menghilangkan akumulasi limbah dan memungkinkan penyerapan nutrisi lebih cepat.

Selain itu, mengonsumsi air hangat juga bisa membantu usus berkontraksi sehingga limbah dalam pencernaan bergerak ke luar dengan cepat. Dengan begitu sembelit bisa teratasi.

3. Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat bisa membangunkan sistem kontrol suhu tubuh. Ketika suhu tubuh mengkompensasi suhu hangat air, nantinya juga akan menurunkan suhu internal dan mengaktifkan metabolisme.

Selain membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah, air putih juga dapat meningkatkan perasaan kenyang serta mencegah makan terlalu banyak. Sehingga efek tersebut bisa membantu menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan saat puasa.

4. Mengeluarkan atau Mengurangi Racun Dalam Tubuh

Air hangat bisa berperan dalam proses detoksifikasi tubuh. Ketika air hangat tersebut menaikkan suhu tubuh seseorang, tentu nantinya akan menyebabkan keringat.

Berkeringat merupakan proses mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori. Racun tubuh juga bisa ke luar melalui urine, sehingga semakin banyak minum air nantinya semakin banyak pula urin yang dikeluarkan untuk mendetoksifikasi tubuh.

5. Mengembalikan Energi

Rasa letih dan lemah setelah berpuasa bisa teratasi dengan minum air hangat saat berbuka. Ketika berpuasa seharian, energi akan kembali saat mengonsumsi air hangat.

Minum air putih saat perut kosong bisa membuat tubuh langsung aktif. Hal ini dikarenakan sel darah merah terangsang untuk tumbuh lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

6. Menghidrasi Tubuh

Sebenarnya air putih dingin atau hangat bisa membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Namun, disarankan untuk minum air hangat saat berbuka puasa agar bisa membantu mencegah dehidrasi setelah seharian penuh menahan haus.

Air diperlukan guna menjaga keseimbangan cairan tercukupi dalam tubuh. Membiasakan minum air secara teratur dalam keadaan perut kosong tentu bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

7. Melancarkan Sirkulasi Tubuh

Air panas atau hangat sebagai vasodilator yang bisa memperluas pembuluh darah dan meningkatkan atau melancarkan sirkulasi pada tubuh. Sehingga kondisi tersebut bisa membantu otot menjadi rileks dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, aliran darah yang sehat bisa mempengaruhi segalanya, seperti tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular.

8. Mencegah Sakit Perut

Tak sedikit orang cenderung makan secara berlebihan saat berbuka puasa. Padahal, saat berpuasa tubuh sedang menyesuaikan dengan pola makan yang baru.

Makan secara berlebihan saat berbuka tentu membuat perut kaget dan kesulitan memecah makanan yang dikonsumsi. mengatasi hal tersebut, disarankan minum air hangat terlebih dahulu saat perut kosong karena dapat menimbulkan perasaan kenyang dan mencegah makan berlebihan.

9. Mencegah Masalah Kulit

Berbagai masalah kulit yang umum terjadi, seperti jerawat dan kulit kering biasanya disebabkan oleh timbunan lemak dalam tubuh serta kulit yang dehidrasi karena kurang minum.

Menghindari persoalan tersebut, sebaiknya mulai membiasakan diri minum air hangat. Ini bertujuan untuk membantu tubuh mengurangi penumpukan lemak, menjaga kulit agar selalu lembab, sel-sel kulit menjadi mudah beregenerasi sehingga menjadi bersih dan tak mudah keriput.

10. Mencegah Penyakit di Tenggorokan

Air hangat mampu membuat tenggorokan lebih nyaman dan bersih. Sehingga bisa membantu menghindari beragam penyakit seperti flu, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, serak, dan batuk.

11. Menurunkan Stres

Minum air hangat bisa membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, sehingga mampu menenangkan tubuh. Selain itu, minum air hangat saat berbuka bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi tingkat stres.

Disarankan, ketika menjalankan puasa konsumsilah secangkir air hangat untuk membantu mengelola stres dan kecemasan. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Agar Kulit dan Rambut Tetap Sehat Selama Ramadan
Selama Ramadan, kulit dan rambut juga membutuhkan nutrisi agar selalu sehat dan berseri. Berikut tips menjaga kesehatan kulit dan rambut.
Tips Ampuh Mencegah Asam Lambung Naik Selama Puasa
Asam lambung bisa terjadi selama puasa karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam waktu yang cukup lama.
11 Tips Cegah Kantuk Saat Berpuasa
Tak sedikit orang kerap merasakan kantuk saat berpuasa. Berikut tips mudah mencegah kantuk tersebut.
0
11 Manfaat Konsumsi Air Hangat Saat Berbuka Puasa
Minum air hangat saat berbuka puasa sangat dianjurkan ketika ingin menghilangkan dahaga. Berikut manfaat minum air hangat saat berbuka puasa.