11 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Jamur

Ada beberapa jenis jamur yang umum dikonsumsi, yaitu jamur kancing, shiitake, enoki, dan jamur tiram.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Jamur sangat baik untuk kesehatan karena memiliki banyak nutrisi yaitu vitamin D, seng dan vitamin B seperti vitamin B2 (riboflavin), vitamin B9 (asam folat), vitamin B1 (tiamin), vitamin B5 (asam pantotenat) dan vitamin B3 (niasin) .

Ada beberapa jenis jamur yang umum dikonsumsi, yaitu jamur kancing, shiitake, enoki, dan jamur tiram. Namun, jamur kerap dicampur ke dalam berbagai jenis sayur seperti sup, untuk menambahkan rasa gurih pada masakan.

Konsumsi jamur juga baik untuk yang sedang menjalani profram diet, karena jamur rendah kalori dan tinggi serat. Tak hanya untuk diet, jamur juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh kita.


1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jamur menjaga kolesterol tetap terkendali dengan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Jamur mengandung serat makanan larut yang dikenal sebagai beta-glukan yang telah dikaitkan dengan menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan membantu mengatur gula darah juga.

Kadar LDL yang tinggi menyebabkan aterosklerosis yang berarti peningkatan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Selain itu, keberadaan kalium dan vitamin C pada jamur berkontribusi pada kesehatan jantung, sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.


2. Meningkatkan kesehatan tulang

Jamur mengandung banyak kalsium, vitamin D, tembaga dan fosfor yang penting untuk menjaga kekuatan tulang. Setiap mineral memainkan peran penting dalam kesehatan kerangka, meningkatkan kepadatan tulang dengan menjaga agar tulang Anda tidak rapuh.

Saat jamur ditanam di luar ruangan, konsentrasi vitamin D meningkat. Konsumsi jamur akan memberi tubuh Anda vitamin A, kalsium, tembaga [5], dan fosfor dalam jumlah yang cukup.

Mengkonsumsi jamur merang secara rutin dapat mengurangi kemungkinan terkena osteoporosis, nyeri sendi, dan gangguan lain yang berhubungan dengan degenerasi tulang.


3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ergothioneine, antioksidan kuat yang ada dalam jamur efektif membasmi radikal bebas, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jamur mengandung selenium yang melawan infeksi dengan merangsang produksi sel T pembunuh dan beta-glukan yang ditemukan di dinding sel jamur melawan sel kanker dan mencegah pembentukan tumor. Jamur mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang kuat yang melindungi sel manusia dari bakteri dan jamur berbahaya.


4. Mencegah diabetes

Menurut peneliti dari Pennsylvania State University, mengonsumsi jamur dapat memengaruhi glukosa dan mengatur kadar gula darah. Jamur merupakan sumber beta-glukan yang bagus, serat makanan yang dapat larut yang membantu menjaga kadar gula darah, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, menjadikannya makanan super bagi penderita diabetes.


5. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lain dari jamur adalah membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan makanan padat nutrisi. Serat makanan yang ditemukan di dinding sel jamur membantu meningkatkan pencernaan dan mempercepat metabolisme sehingga meningkatkan rasa kenyang dan membuat Anda kenyang lebih lama. Jamur adalah makanan yang ideal untuk menghilangkan massa otot karena rendah lemak atau karbohidrat yang akan menjadikannya makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan.


6. Mencegah anemia

Jamur putih mengandung tembaga yang dapat mengatur dan merangsang penyerapan zat besi dari makanan yang Anda makan. Jamur juga kaya zat besi, sehingga kedua mineral tersebut bekerja sama dalam produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia yang ditandai dengan kelelahan ekstrim, sakit kepala, dan lain - lain.


7. Menurunkan tekanan darah

Jamur kaya akan sumber kalium yang berfungsi sebagai vasodilator. Ini melemaskan ketegangan di pembuluh darah dan karena itu mengurangi tekanan darah. Asupan natrium yang berlebihan mengurangi kemampuan ginjal untuk mengeluarkan air. Jadi, dengan mengonsumsi jamur, kadar kalium Anda meningkat dan membantu memulihkan keseimbangan yang halus dalam hal fungsi jantung, otot dan saraf serta ginjal.


8. Mencegah kanker

Jamur mengandung antioksidan bermanfaat yang merupakan bahan kimia yang membantu menghilangkan radikal bebas. Jamur mengandung sejenis antioksidan bermanfaat yang disebut ergosterol yang diketahui berperan dalam melawan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Mineral selenium yang ditemukan dalam jamur berperan dalam fungsi enzim hati dan membantu mendetoksifikasi senyawa penyebab kanker dalam tubuh.


9. Memberi energi dan meningkatkan fungsi otak

Tambahkan lebih banyak jamur ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan lebih banyak vitamin B kompleks, terutama B5 dan B2. Kedua nutrisi ini membantu mengaktifkan enzim yang dibutuhkan sel Anda untuk diubah menjadi energi. Vitamin B2 mendukung fungsi hati dan B5 membantu produksi hormon perasaan senang. Vitamin B mendukung fungsi neurotransmitter dan menghilangkan kabut otak, sehingga meningkatkan fungsi otak Anda.


10. Meningkatkan kualitas kulit

Jamur dapat membantu mengatasi jerawat, eksim, dan masalah kulit lainnya. Kehadiran vitamin D, antioksidan, dan selenium dalam jamur bekerja sama untuk melindungi kulit Anda dari kerutan dan mencegah penuaan akibat kerusakan radikal bebas. Oleh karena itu, jamur memiliki khasiat peningkat kulit yang dapat mencegah timbulnya bintik-bintik penuaan, warna kulit tidak merata, dan perubahan warna.


11. Menurunkan peradangan

Menurut sebuah penelitian, jamur kaya akan senyawa anti-inflamasi seperti senyawa fenolik dan indolik, asam lemak, polisakarida, karotenoid, mikosteroid, vitamin dan biometal yang menurunkan peradangan.

Jamur yang dapat dimakan menghasilkan beragam senyawa bioaktif seperti polisakarida, proteoglikan, terpenoid, senyawa fenolik, steroid, dan lektin yang memiliki berbagai macam efek terapeutik dan dapat bertindak sebagai antiinflamasi, antikarsinogenik, antivirus, antioksidan, dan anti- agen inflamasi, menurut penelitian. Mengkonsumsi jamur dalam bentuk mentah atau dimasak ringan akan membuat Anda mendapatkan manfaat penuhnya. []


Baca Juga :

Lima Makanan Sehat Meredakan Stres

Lima Makanan Sehat Bisa Redamkan Amarah

Makanan Sehat Bikin Perempuan Cepat Hamil

hMakanan Sehat untuk Anak Terhindar dari Corona




Berita terkait
Resep dan Cara Membuat Sayur Kembang Kol Jamur
Salah satu menu sehat yang perlu Anda cicipi adalah sayur kembang kol jamur yang bisa Anda tumis di rumah masing-masing. Berikut resep dan caranya.
Bikin Camilan Jamur Krispi untuk Teman Ngobrol
Jamur merupakan bahan makanan yang dapat diolah untuk berbagai varian makanan. Salah satunya sebagai camilan untuk teman nonton dan ngobrol.
Jamur Enoki dan Daftar 5 Jamur Berbahaya Lain
Jamur enoki disebut berbahaya karena dapat menyebabkan keracunan dan infeksi bakteri listeria. Ini jamur lain yang juga berbahaya.
0
11 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Jamur
Ada beberapa jenis jamur yang umum dikonsumsi, yaitu jamur kancing, shiitake, enoki, dan jamur tiram.