11 Jenis Sayuran yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Mengonsumsi sayuran akan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Berikut ini sayuran yang baik untuk ibu hamil.
Ilustrasi - Jenis sayuran yang baik untuk dikomsumsi ibu hamil. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Mengonsumsi sayuran akan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Selain buah-buahan, sejumlah sayuran bagus untuk ibu dan janin dalam kandungan. 

Berbagai kandungan nutrisi yang menyehatkan selama kehamilan dengan melindungi ibu dan janin. Berikut ini sejumlah sayuran yang baik untuk ibu hamil.


1. Tomat

Warnanya yang merah, berair, dan penuh nutrisi aman Anda konsumsi selama kehamilan, tetapi dalam porsi yang sedang. Tomat mengandung vitamin A, C, dan folat, bersama dengan likopen dan zat besi yang membuat ibu dan janin tetap sehat. 

Sementara kandungan vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi lebih baik yang ibu hamil butuhkan. Jika dokter menganjurkan untuk mengonsumsi suplemen zat besi, mengonsumsi tomat dapat membantu penyerapan yang lebih baik. 


2. Wortel 

Warna oranye pada wortel menandakan adanya kandungan beta-karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan mata, kulit, dan organ janin yang sedang berkembang dalam kandungan. 


3. Kale

Sayuran hijau berdaun selalu menjadi pilihan makanan terbaik, dan ini menjadi makanan yang super untuk kehamilan. Ini karena kale mengandung folat, zat besi, vitamin C, kalsium, vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan serat. 


4. Brokoli

Brokoli mengandung begitu banyak nutrisi yang ibu hamil butuhkan. Jika tidak suka memakannya secara utuh, sayuran ini bisa dicampurkan ke dalam semua jenis masakan. 

Sayuran yang baik untuk ibu hamil ini mengandung berbagai nutrisi, antara lain serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. 

Menambahkan sayuran hijau dalam makanan Anda menjadi cara yang efisien untuk mendapatkan vitamin dan mencegah sembelit yang kerap terjadi pada ibu hamil. Sayuran ini juga dapat menurunkan risiko berat badan lahir rendah. 


5. Bit 

Bit memiliki banyak vitamin dan mineral, selain rasa dan nilai gizinya, bit juga dapat memberi manfaat tambahan pada ibu dan janin dalam kandungan. 

Hal ini mencegah sembelit, mencegah cacat tabung saraf, mengatasi anemia, mencegah hambatan pertumbuhan janin, menurunkan risiko preeklamsia, dan menjaga berat badan.


6. Peterseli 

Mengonsumsi peterseli atau parsley dalam bentuk teh juga bagus untuk saat kehamilan. Sifat diuretik dalam parsley dapat membantu menghilangkan pembengkakan terkait kehamilan. 

Ramuan dari parsley juga mengandung asam folat, yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi dan mencegah kelainan bawaan. 


7. Selada 

Beberapa manfaat yang luar biasa dari selada selama kehamilan, termasuk mencegah cacat lahir, melancarkan pencernaan, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi kolesterol, mengurangi peradangan, mencegah infeksi, dan meningkatkan Kekebalan tubuh. 


8. Bayam 

Ibu hamil bisa mengonsumsi bayam, tetapi dalam porsi sedang. Bayam mengandung asam folat, merupakan salah satu nutrisi penting selama kehamilan. Folat atau asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir.  


9. Asparagus 

Makan asparagus aman selama kehamilan dan menyusui. Asparagus adalah sayuran super sehat yang sarat dengan vitamin, tetapi hampir tidak mengandung lemak atau kalori. 


10. Paprika Merah 

Sayuran ini merupakan sumber utama vitamin C dan A, ditambah kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi sayuran selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko komplikasi seperti tekanan darah tinggi (hipertensi) dan preeklamsia.


11. Ubi Jalar 

Ubi jalar memiliki lebih dari 400 persen vitamin A yang ibu hamil butuhkan dalam sehari. Kandungan vitamin A sangat penting selama trimester pertama kehamilan, ketika sel-sel bayi membelah dengan cepat menjadi organ dan bagian tubuh yang berbeda. 

Nah, itulah jenis sayuran yang dapat dikonsumsi ibu hamil agar janinnya juga iku sehat. []


Berita terkait
7 Jenis Sayuran Bantu Turunkan Berat Badan
Dalam menerapkan pola makan yang sehat sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang harus Anda konsumsi apalagi Anda sedang proses diet.
Cara Memotong Sayuran Agar Gizinya Tetap Terjaga
Sayur-sayuran dikenal sebagai makanan bergizi yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Untuk menjaga gizinya, cara memotongnya penting diperhatikan.
Ciri- ciri Tubuh Kurang Asupan Sayuran
Tubuh akan memberikan ciri-ciri khusus atau tanda ketika seseorang kurang asupan sayuran.Berikut ciri-ciri tubuh kekurangan asupan sayuran.
0
11 Jenis Sayuran yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil
Mengonsumsi sayuran akan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Berikut ini sayuran yang baik untuk ibu hamil.