11 Cara Menciptakan Hubungan yang Bahagia dengan Pasangan

Hubungan yang sehat tidak selalu sempurna atau penuh kegembiraan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Mempelajari cara menjadi pasangan yang baik membutuhkan latihan dan sedikit usaha yang tulus. Menurut Dr. John Gottman, kunci untuk menjadi pasangan yang baik adalah melakukan bagian Anda untuk menjaga hubungan yang sehat dan bahagia. Itu berarti menghargai kesejahteraan, otonomi, nilai, dan opini pasangan Anda. Ini juga berarti menghargai semua hal itu dalam diri Anda, dan menemukan cara untuk menjaga keseimbangan itu bersama.

Gottman mengingatkan, hubungan yang sehat tidak selalu sempurna atau penuh kegembiraan, tetapi jangan pernah merasa hal itu yang memengaruhi harga diri Anda secara negatif.

Dilansir dari Yourtango, untuk menciptakan hubungan yang sehat dan bahagia karena Anda dan pasangan Anda merasa dihargai dan dicintai, Gottman memberikan 11 tips untuk menjadi pasangan yang baik 


1. Dengarkan lebih banyak, kurangi ceramah

Begitu banyak orang, termasuk diri Anda sendiri kadang-kadang begitu terfokus pada menanggapi apa yang dikatakan orang lain sehingga mereka kehilangan inti dan perasaan yang terlibat dengan apa pun yang sedang dibicarakan.

Berikut beberapa konsep mendengarkan aktif yang perlu diingat:

  • Perhatikan dan berikan perhatian penuh Anda.
  • Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan melalui perilaku dan komunikasi nonverbal Anda.
  • Berikan umpan balik jika diperlukan.
  • Jangan memberikan saran atau pendapat yang tidak diminta.
  • Tahan diri Anda untuk membuat penilaian.
  • Tanggapi dengan tepat dan hormat.
  • Hindari membandingkan pengalaman Anda dengan pengalamannya.


2. Hormati hubungan sebelumnya

Kesampingkan perasaan Anda karena ada orang-orang dalam hidup mereka sebelum Anda dan mereka akan terus berada dalam hidup mereka (dengan asumsi ini adalah orang-orang yang dekat dengan pasangan Anda). Jadi, meskipun Anda tidak menyukai beberapa dari mereka atau bahkan salah satunya, lupakan saja. Bersikaplah menerima dan hangat.

Bahkan hubungan romantisnya dengan mantan kekasihnya juga perlu dihormati, tidak peduli betapa cemburunya perasaan Anda ketika memikirkan atau membicarakannya. Anda berdua harus bisa membicarakan mantan Anda (dengan alasan dan rasa hormat) dan hubungan masa lalu tanpa rasa malu.

Hubungan masa lalu kita memengaruhi siapa kita dan apa yang kita rasakan secara besar-besaran, dan jika kita merasa harus menyimpan hal-hal itu, karena kita tidak benar-benar berbagi hidup kita.

Jadi, alih-alih marah karena pacar Anda berteman dengan mantannya di media sosial atau menjadi cemburu atau marah ketika dia membicarakannya, tarik napas dalam-dalam dan pahami bahwa ketika Anda mencintai seseorang, Anda harus memberi ruang untuk seluruh masa lalunya.


3. Dukung tujuan pasangan Anda

Mungkin ada saat-saat di mana Anda merasa tidak sepenuhnya sejalan dengan tujuan pasangan Anda apakah itu karena Anda tidak sepenuhnya memahaminya atau memikirkan hal lain tentangnya.

Terlepas dari alasan Anda, penting bagi Anda untuk mendukung pasangan dan mengesampingkan perasaan pribadi Anda, terutama jika itu adalah sesuatu yang sudah lama ingin mereka capai.

Tentu, itu mungkin berarti Anda jarang melihatnya saat dia mengejar gelar sarjana, bersiap untuk kompetisi kebugaran, atau meluangkan waktu ekstra untuk magang di suatu perusahaan, atau hal unik apa pun yang disukai pasangan Anda. Dengan mendukungnya sekarang, berarti ini waktu bagi Anda untuk tumbuh sebagai pribadi dan membuktikan kepadanya bahwa Anda sebenarnya ingin menjadi yang terbaik untuknya.


4. Tunjukkan antusiasme terhadap minatnya

Gairah dan minat terbesarnya biasanya akan terlihat jelas, tetapi pastikan untuk memperhatikan detail kecil di dalamnya. Ajukan pertanyaan, lakukan sedikit riset sendiri, dan pelajari apa yang Anda bisa tentang apa yang dia suka.

Itu tidak berarti Anda menjadi salinan dari pasangan Anda, tetapi pasangan yang baik setidaknya memiliki pengetahuan tentang minat dan hobi pacarnya, dan mengerti persis mengapa dia mencintai apa yang dia cintai.


5. Berkomunikasi dengan sikap hormat

Jangan saling mengumpat atau menghina satu sama lain. Itu tidak efektif dan terbukti sama sekali tidak berguna pada akhirnya. Bicaralah sebagai sederajat, bahkan ketika Anda tidak setuju. Jangan bertindak lebih tinggi dari yang lain.

Komunikasi adalah aspek paling penting dari suatu hubungan dan perlu ditanggapi dengan serius, terlepas dari apakah Anda pacarnya, istri, atau bahkan pacar atau suaminya. Ingatlah bahwa saat Anda marah, otak Anda bekerja berbeda dengan saat Anda tenang. Anda tidak dapat berpikir secara rasional, menyeimbangkan dan mengukur kata-kata Anda, dan bersikap empati lebih sulit.

Saat Anda mulai merasa marah atau panik saat berselisih paham, tarik napas dalam-dalam dan minta istirahat sejenak selama 15 menit, imi adalah awal yang baik. Anda juga disarankan mengatur waktu untuk kembali bersama dan kemudian mencoba lagi, setelah semua hormon yang mengamuk telah tenang.

Setelah beristirahat dan Anda kembali tenang, barulah bicara dengan pasangan Anda dan jelaskan tentang bagaimana insiden itu memengaruhi Anda. Kemudian tanyakan pada diri Anda, bagaimana saya bisa melihat masalah dari sudut pandang orang lain? Cara ini benar-benar ampuh untuk memecahkan masalah dan menghindari mengulangi perkelahian di kemudian hari.


6. Beri dia ruang tanpa dendam

Kita semua membutuhkan ruang sendiri. Tidaklah kasar untuk membutuhkan ruang bernapas dan dia tidak menghindari Anda jika dia ingin melakukan beberapa hal sendiri. Menginginkan waktu untuk diri sendiri bukanlah kejahatan, tapi juga tidak boleh disukai dalam hubungan, terlepas dari kenyataan bahwa wanita diajari untuk melekat pada pria dan pria diajari untuk menjauh ketika kelekatan itu menjadi terlalu berlebihan.

Sangat penting untuk memiliki waktu sendiri karena berbagai alasan, salah satunya agar tidak saling bergantung. Untuk menjadi pacar yang baik (atau istri, suami, suatu hari nanti), Anda harus unik dan cukup terpisah darinya sehingga Anda akan selalu memiliki hal-hal untuk dibicarakan dan sudut pandang yang berbeda untuk ditambahkan. Penting juga untuk diperhatikan bahwa setiap orang memiliki kebutuhan "waktu sendiri" yang berbeda, jadi bicarakan tentang apa yang paling cocok untuk Anda berdua. Misalnya, dulu mantan Anda mungkin membutuhkan tiga atau empat malam sendirian setiap minggu, tetapi pacar Anda mungkin hanya membutuhkan satu malam.

Selain itu, ekspresikan kebutuhan Anda juga, inilah yang akan membuat Anda segera menemukan keseimbangan yang sempurna dan sehat. Jika dia meminta jarak dari keseluruhan hubungan, lakukan yang terbaik untuk bersikap bijaksana, penuh hormat, dan empati sehingga dia tahu bahwa dia memiliki pasangan yang aman dan penuh kasih untuk kembali saat dia menenangkan diri.


7. Hormati nilai dan keyakinannya sambil mempertahankan nilai dan keyakinan Anda

Kita semua berbeda satu sama lain dalam beberapa hal apakah itu politik atau agama, dan penting untuk menghormati satu sama lain dan memahami bahwa Anda dapat setuju untuk tidak setuju dengan hormat. Jangan menilai satu sama lain hanya karena Anda berdua berbeda dalam beberapa aspek kehidupan. Jika Anda belajar merangkul perbedaan, Anda bisa belajar banyak.

Kencan bukanlah hal yang mudah dan karena teknologi dan tren lainnya terus berkembang, semakin kompleks jadinya. Karena, prinsip-prinsip tentang apa yang membentuk pacar yang baik dan istri/suami yang baik versus pacar yang buruk dan istri/suami yang buruk tetap relatif stabil dari waktu ke waktu.

Saling menghormati satu sama lain akan membantu Anda menjadi mitra yang lebih baik. Tak satu pun dari kita adalah pasangan yang sempurna, tetapi selama kita berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik dari kemarin, kita akan melakukan semua yang kita bisa.


8. Matikan telepon Anda sesekali

Pekerjaan memang membutuhkan Anda, begitu pula ibumu, dan sahabat karibmu. Tetapi jika Anda ingin menjadi pasangan yang lebih baik, Anda perlu tahu kapan harus mematikan semuanya dan memiliki sedikit waktu tatap muka dengan pasangan. Anda juga perlu berbicara dengannya tentang penggunaan teleponnya, jika itu terasa berlebihan tanpa dianggap sebagai pengendali.

Dia harus membalas, tentu saja., tetapi seseorang harus mengambil langkah pertama dan mematikan ponselnya atau menyisihkannya dan itu mungkin Anda. Tidak praktis untuk berasumsi bahwa Anda tidak akan pernah menatap media sosial Anda saat bersantai bersama atau bahwa Anda akan menolak semua panggilan, tetapi menyisihkan setidaknya beberapa jam sehari hanya untuk beberapa waktu dapat menjadi pengubah permainan.

Ini juga merupakan kunci untuk mengetahui kapan Anda harus meletakkan telepon Anda dan mengabaikannya; seperti ketika dia berbicara dengan Anda, saat Anda sedang makan, atau saat Anda menonton film atau acara bersama.

Pada saat-saat seperti itu, Anda tidak perlu diminta untuk mendengarkan atau terlibat. Hanya secara proaktif memutuskan untuk mengutamakan dia.


9. Jadilah tempat yang aman bagi pacar Anda untuk terbuka

Dalam masyarakat kita, wanita diharapkan menjadi pengasuh dan emosional, sedangkan pria seharusnya menekan perasaan dan emosinya atau dia pengecut. Sayangnya, itu tidak berhasil untuk banyak orang. Jangan mencoba menyelesaikan masalahnya untuknya atau mengatakan kepadanya apa yang telah dia lakukan salah ketika dia terbuka kepada Anda. Gunakan frasa yang menunjukkan empati, misalnya "Saya sangat menyesal atas kejadiannya" atau "Saya bisa membayangkan betapa sulitnya hal itu.

Beri dia pelukan dan katakan padanya bahwa Anda mencintainya. Bahkan dengan pria, yang tidak seharusnya sensitif (menurut masyarakat), pelukan yang erat akan sangat bermanfaat.

Terakhir, simpanlah rahasia dan pengalaman emosionalnya. Anda boleh berbagi segalanya dengan sahabat atau keluarga Anda, tetapi itu tidak berarti dia nyaman dengan itu. Menjadi tempat yang aman untuk ekspresi emosi pria terkadang berarti menjadi lemari besi, dan menjaga emosi ini tetap aman dan pribadi.


10. Libatkan dia dalam hidup Anda

Pasanganmu memang tidak selalu akan pergi bersama Anda, tapi tetap harus melibatkannya. Misalnya, ketika Anda ingin membuat acara malam khusus perempuan bersama teman - teman Anda, mintalah pendapatnya.

Anda juga dapat mengundangnya ke bioskop bersama Anda dan teman-teman Anda pada saat yang tepat. Libatkan dia dalam makan malam keluarga, acara kerja, dan bahkan dalam diskusi tentang rencana atau masa depan Anda.

Bicaralah dengannya tentang impian, hasrat, dan hobi Anda sehingga dia merasa dia benar-benar tahu cara kerja Anda dan bukan hanya diri Anda saat bersama. Mintalah nasihatnya kapan pun Anda merasa itu pantas.

Semua orang merasa senang ketika mereka bisa membantu, dan selama Anda tidak dianggap terlalu membutuhkan, pria akan senang ketika dia merasa seperti pahlawan super yang dapat membantu kekasihnya saat dibutuhkan.


11. Jangan cereweti dia

Salah satu cara paling cepat untuk menjadi pacar yang lebih baik adalah dengan berhenti mengomeli pacar Anda. Cerewet sering kali dianggap sebagai hal gender yang dilakukan wanita, tetapi siapa pun bisa menjadi cerewet. Jika Anda mengomel atau berfokus pada suatu masalah atau sesuatu yang menurut Anda harus dia ubah, Anda mengomel, dan itu adalah kebiasaan yang tidak hanya mengganggu, tetapi juga merendahkan. Banyak orang yang mengomel pada pasangannya tentang perubahan atau pekerjaan rumah, tetapi jauh lebih sehat untuk membiarkan pacar Anda menjadi dirinya sendiri. Pakaian, rambut, dan kebiasaan kebugarannya harus diserahkan kepadanya untuk membuat keputusan sendiri.

Mengenai pekerjaan di rumah lakukan percakapan tentang apa yang penting bagi Anda, misalnya soal kebersihan dan kerapihan, lalu buatlah jadwal untuk membagi tugas, siapa yang mengerjakan dan kapan waktunya.

Jika sepertinya dia lupa, berikan waktu. Jangan langsung melompatinya - dan jangan langsung turun tangan dan melakukan tugas sendiri jika itu akan membuat Anda kesal atau kesal. Tunggu sampai Anda tenang dan tidak kesal, dan sampaikan bahwa Anda ingin dia membantu lebih banyak. []

Berita terkait
Kenali Tanda Love Bombing Pada Pasangan
Cinta yang diberikan secara tidak wajar dan berlebihan, dapat menjadi pertanda adanya love bombing.
Cara Terbaik Mengajak Pasangan Berkencan Sesuai Tanda Zodiak
Kita semua memiliki ciri kepribadian yang berbeda tergantung pada tanda zodiak kita. Kencan yang sempurna dapat membuat pasangan Anda terkesan.
3 Zodiak Terbaik untuk Pasangan Hidup Taurus
Komitmen seumur hidup dengan pasangan dan rumah yang indah untuk dibagikan adalah sesuatu yang diinginkan Taurus.
0
11 Cara Menciptakan Hubungan yang Bahagia dengan Pasangan
Hubungan yang sehat tidak selalu sempurna atau penuh kegembiraan.