1083 BTS USO Telkomsel Siap Terkoneksi 4G LTE

Telkomsel memastikan sebanyak 1083 unit BTS USO akan terkoneksi seluruhnya oleh jaringan broadband 4G LTE pada periode kuartal III 2020.
Ilustrasi pengecekan BTS Telkomsel oleh petugas. (Foto: Telkomsel)

Jakarta – Telkomsel memastikan sebanyak 1083 unit BTS Universal Service Obligation (USO) yang selama ini telah dikembangkan melalui kolaborasi bersama Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI) Kominfo, akan terkoneksi seluruhnya oleh jaringan broadband 4G LTE pada periode kuartal III 2020.

Langkah ini ditegaskan Telkomsel saat kunjungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) dalam rangka peninjauan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), di Kabupaten Pulau Morotai, 29 Juli 2020.

Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, langkah tersebut merupakan komitmen Telkomsel untuk menghadirkan pemerataan akses jaringan broadband guna mendukung berbagai aktivitas digital masyarakat di seluruh pelosok negeri, tanpa terkecuali di wilayah 3T.

"Kami akan terus menjaga komitmen tersebut, termasuk untuk mendukung percepatan adopsi layanan berbasis digital harus dijalani masyarakat sebagai upaya dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah tantangan beraktivitas pada masa pandemi Covid-19 saat ini," ujar Hendri melalui keterangan tertulis yang diterima Tagar, Selasa, 4 Agustus 2020.

Saat ini, Telkomsel telah menggelar 1083 unit BTS USO, yang mana sebanyak 993 unit di antaranya telah berteknologi 4G LTE dan tersebar secara merata di wilayah 3T. Sedangkan, 93 unit BTS USO lain yang sebelumnya terkoneksi 2G, secara bertahap telah dilakukan proses pengembangan teknologi dan akan segera terkoneksi jaringan broadband 4G LTE pada periode kuartal III tahun ini.

Selain dapat mendorong penguatan ekosistem digital, ketersediaan jaringan broadband diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman masyarakat di wilayah 3T dalam menikmati akses layanan internet dan digital berkualitas yang setara seperti di kota-kota besar.

Hingga kuartal I 2020, secara keseluruhan Telkomsel telah menggelar lebih dari 219.000 unit BTS di seluruh Indonesia, meningkat 11% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Selain itu, Telkomsel juga telah mengoperasikan lebih dari 169.000 unit BTS broadband berbasis 3G dan 4G, yang juga tumbuh sekitar 14% dibanding periode yang sama.

"Telkomsel menargetkan penambahan lebih dari 25.000 BTS 4G LTE baru hingga akhir tahun, yang sebagian besar cakupannya diprioritaskan menjangkau wilayah residensial dan padat populasi," ucap Hendri.

"Hal tersebut sebagai bentuk nyata kami mendukung adaptasi kebiasaan baru masyarakat, baik di perkotaan maupun di wilayah 3T, yang kini semakin mengadopsi pemanfaatan layanan digital sebagai penunjang aktivitas keseharian seperti bekerja, belajar dan beribadah dari rumah," kata dia.

Berita terkait
Belajar Online, Telkomsel Perluas Jangkauan Paket Ilmupedia
Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, Telkomsel perluas jangkauan paket Ilmupedia.
Telkomsel Beri Bantuan ke 5.700 Penjaga BTS di Indonesia
Telkomsel memberikan bantuan berupa saldo melalui top up LinkAja serta bingkisan berisi sembako kepada 5.700 penjaga BTS di seluruh Indonesia.
Telkomsel Inisiasi Pemberdayaan UMKM Lewat Order APD
Telkomsel melakukan upaya pemberdayaan UMKM guna menstimulus perekonomian tingkat akar rumput
0
Anak Elon Musk Mau Mengganti Nama
Anak CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, telah mengajukan permintaan untuk mengubah namanya sesuai dengan identitas gender barunya