UNTUK INDONESIA
10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019
Wisata Indonesia sepanjang 2019 kian menjadi populer, berikut Tagar rangkumkan 10 destinasi wisata terfavorit bagi wisman dan wisnus.
10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/candiborobudur)

Jakarta - Destinasi wisata Indonesia kerap menjadi favorit para wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus), sepanjang tahun 2019 ini Tagar mencatat ada beberapa tempat wisata yang tak pernah sepi pengunjung.

Terdapat beberapa objek wisata yang sering dikunjungi sepanjang 2019. Tidak terlepas dari kecanggihan sosial media yang berkembang pesat. Banyak tempat yang menjadi pilihan untuk berlibur akhir tahun oleh wisman serta wisnus.

Berikut Tagar rangkumkan kaleidoskop wisata favorit selama 2019

1. Dieng Wonosobo

Dieng Wonosobo10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/irfanalthof)

Destinasi wisata alam yang satu ini menjadi yang paling populer sepanjang tahun 2019. Dieng Culture Festival yang ikonik dengan acara pelepasan lampion dan Jazz Atas Awan salah satu acara yang selalu dinanti-nanti.

Panorama yang dimiliki serta sejuknya udara di Dieng menjadi daya tarik bagi wisnus dan wisman. Tidak mengheran jika dataran tinggi terluas kedua yang dihuni manusia ini menjadi yang terfavorit.

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/dwifatma96)

Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi wisata alam yang terpopuler di Indonesia. Letaknya di Provinsi Jawa Timur,  dikelilingi empat Kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang selalu ramai pengunjung.

Pesona luar biasa yang dimiliki Gunung Bromo menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung bisa menikmati luasnya lautan pasir, menaiki jeep dan kuda, serta menikmati indahnya kawah dari gunung yang masih aktif ini.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/candiborobudur)

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang identik dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan yang kokoh dan menjulang tinggi ini selalu ramai didatangi oleh wisnus dan wisman.

Keindahan serta uniknya bentuk Candi Borobudur semakin terasa syahdu ketika ibadah Waisak. Umat Budha di seluruh dunia akan datang dan menunaikan ibadah suci mereka.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/desisinagaaaa)

Candi Prambanan salah satu wisata terpopuler di Indonesia. Lokasinya berada di perbatasan Sleman dan Klaten. Candi ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. 

Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. 

Candi Prambanan selalu menggelar acara rutin yaitu Prambanan Jazz yang menghadirkan banyak musisi jazz termana turut mengundang banyak orang untuk datang ke sini.

5. Kota Tua Jakarta

Kota Tua10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/bayuos)

Tempat wisata bersejarah ini menjadi salah satu yang terfavorit. Apalagi setelah dilakukan penataan, destinasi ini kian digemari oleh banyak orang.

Keistimewaan yang bisa dinikmati di sini ialah melihat bangunan bersejarah, menikmati beragamnya kuliner, serta berswafoto untuk dishare ke sosial media.

6. Nusa Penida

Nusa Penida10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/sinah_sku)

Pulau Nusa Penida menjadi tempat favorit dikunjungi selama tahun 2019. Keindahan yang dimiliki pulau sebelah selatan Bali menjadi primadona banyak orang.

Keeksotisan yang disuguhkan Nusa Penida menjadi daya tarik bagi wisnus dan wisman. Ketika musim libur tiba, destinasi wisata alam yang satu ini tidak pernah sepi dikunjungi.

7. Gunung Semeru

Gunung Semeru10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/pesonagunung_)

Gunung Semeru menjadi primadona bagi para pecinta wisata alam. Puncak tertinggi di Pulau Jawa ini tidak pernah sepi pengunjung.

Rabu Kumbolo salah satu pesona yang ditawarkan Gunung Semeru. Keindahannya mampu membuat setiap pendaki ingin datang kembali. 

Apalagi berburu sunset di puncak Mahameru, salah satu incaran para pendaki bila datang ke Gunung Semeru.

8. Kawah Ijen

Kawah Ijen10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/febemellya_)

Kawah Ijen menjadi lokasi favorit untuk mendaki selama tahun 2019. Selain pemandangannya yang indah, tempat ini menjadi yang paling disukai lantaran jalurnya cukup mudah.

Keeksotisan yang dimiliki turut mengundang wisnus dan wisman untuk datang. Selain itu, Kawah Ijen bisa dijadikan rekomendasi bagi para pemula untuk mendaki.

9. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/alexsimrd)

Meskipun sempat dihantam gempa pada  tahun 2018, Gunung Rinjani kini sudah dibuka kembali dan bisa didaki walau tidak sampai puncak.

Keeksotisan yang dimiliki Gunung Rinjani menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang ke sini. Bisa dijadikan rekomendasi pilihan untuk mengisi waktu libur.

10. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana10 Wisata Favorit Indonesia Sepanjang Tahun 2019. (Foto: Instagram/lalaniww)

Garuda Wisnu Kencana menjadi ikon baru di Bali yang spektakuler. Patung yang memiliki tinggi lebih dari patung Liberty selalu ramai didatangi pengunjung terlebih ketika libur.

Apalagi sekarang sudah hadir beberapa acara musik, bakal semakin membuat GWK semakin populer dan disambangi banyak orang.

Berita terkait
Wisata Pemandian di Subulussalam Aceh Pilihan Warga
Ratusan warga memadati sejumlah kawasan objek wisata di wilayah Kota Subulussalam, Aceh, Rabu 1 Januari 2020.
Kampung Ciherang, Segarnya Wisata Alam Sumedang
Kampoeng Ciherang Sumedang bisa menjadi destinasi pilihan menghabiskan waktu libur kamu.
Lima Wisata Hits Medan Cocok Liburan Akhir Tahun
Medan memiliki lima wisata yang sedang hits, asyik dan pas untuk menghabiskan di sana dengan teman ataupun keluarga.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.