10 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin C

Kurangnya vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan kualitas hidup yang rendah dan gejala buruk lainnya.
Ilustrasi asupan Vitamin C. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Vitamin C sangat penting dalam menjaga tubuh Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Anda butuh asupan vitamin C yang tepat setiap harinya karena, tidak seperti vitamin lain, vitamin C tidak menetap di dalam tubuh Anda terlalu lama. Kurangnya vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan kualitas hidup yang rendah dan gejala buruk lainnya. Namun, semua masalah ini dapat dihindari dengan menambahkan cukup vitamin C ke dalam menu konsumsi harian Anda.

Dilansir dari Brightside, berikut adalah tanda kekurangan vitamin C yang biasanya terjadi pada tubuh Anda jika tidak mempunyai nutrien vitamin C yang mencukupi, atasi kekurangan vitamin C sejak dini agar kesehatanmu bisa meningkat secara menyeluruh.


1. Gusi sering bengkak dan berdarah

Vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi. Kalau asupan vitamin C harianmu kurang, Anda berisiko mengalami gingivitis atau radang gusi. Kalau Anda ingin merawat kebersihan gigi, tapi masih ada gusi yang bengkak dan berdarah, cobalah tambah asupan vitamin C harianmu. Berdasarkan hitungan para ilmuwan, jumlah asupan vitamin C yang baik adalah sekitar 75 mg per hari untuk wanita dewasa dan 90 mg per hari untuk pria dewasa (kalau Anda merokok, tambahkanlah 35 mg setiap harinya).


2. Anda mudah memar dan luka di tubuh Anda butuh waktu lama untuk sembuh

Kalau memar di tubuh Anda terlihat seperti warna buah persik, ada kemungkinan Anda kekurangan asupan vitamin C. Untungnya, masalah ini dapat diatasi jika Anda memakan jeruk-jerukan dan sayuran dengan cukup setiap hari. Selain itu, kalau luka gores dan baret di tubuh Anda terlalu lama sembuh, ini dapat menjadi pertanda bagimu untuk meningkatkan asupan vitamin C harian. Tubuh membutuhkan vitamin C untuk menghasilkan kolagen, jadi, rajin-rajinlah makan jeruk


3. Rambut rapuh dan mudah rontok

Kalau rambut Anda rontok dan mudah patah, kemungkinan besar, asupan vitamin C harian Anda kurang. Sebelum menghabiskan banyak uang untuk membeli produk perawatan rambut, cobalah makan makanan yang kaya akan vitamin C, seperti brokoli dan kiwi. Ada banyak makanan yang mengandung vitamin C, jadi, Anda tidak perlu minum suplemen tambahan. Yang Anda butuhkan hanyalah diet yang lebih sehat.


4. Sendi sering nyeri

Nyeri sendi adalah pertanda awal kurangnya vitamin C yang sangat umum. Karena vitamin C adalah antioksidan yang kuat, jika jumlahnya di dalam tubuh Anda menipis, peradangan penyebab nyeri sendi akan muncul. Nyeri sendi bisa terasa sangat sakit dan merepotkan, jadi, memasukkan vitamin C ke dalam asupan harian rutin Anda adalah ide yang bagus.


5. Anda sering sakit dan kekebalan tubuh Anda lemah

Kalau sering flu, pilek, dan infeksi, mungkin kekebalan tubuh Anda sedang melemah. Vitamin C merangsang produksi sel darah putih, yang melawan penyakit menular dan bakteri, virus, dan parasit asing. Kalau Anda sering sakit, berarti respons sistem imunmu lemah dan Anda harus memperkuatnya dengan menambah asupan vitamin C.


6. Berat badan naik tanpa alasan yang jelas

Kalau gaya hidup Anda tidak banyak berubah, tapi berat badan terus bertambah, mungkin semua ini berhubungan dengan kurangnya vitamin C. Penelitian awal menunjukkan ada kaitan antara vitamin C rendah dan lemak tubuh tinggi, terutama lemak perut. Vitamin C membantu tubuh Anda membakar lemak dengan lebih efisien, jadi, perbanyaklah asupan salad.


7. Anda mengantuk dan lelah pada siang hari

Kalau Anda tidur dengan cukup pada malam hari, tapi masih merasa lelah pada siang hari, mungkin vitamin C dalam tubuh Anda kurang. Kelelahan adalah salah satu dari banyak gejala yang timbul akibat kurangnya vitamin C dalam tubuh. Kemungkinan besar, Anda takkan mudah lelah lagi setelah menyesuaikan asupan harianmu. Cobalah konsumsi kiwi daripada minum 10 cangkir kopi


8. Kulit terlihat kering dan kusam

Seperti yang sudah disebutkan tadi, vitamin C sangat berperan penting dalam produksi kolagen. Artinya, jika asupan vitamin C-mu kurang, kulit Anda akan lebih cenderung terlihat kusam dan keriput, karena kolagenlah yang membuat kulit Anda bersinar. Tidak heran, ada banyak sekali serum vitamin C yang dijual dengan harga mahal di toko perawatan kulit.


9. Anda sering mimisan

Mimisan biasanya tidak berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan, tapi jika Anda terlalu sering mengalaminya, ini juga merupakan pertanda bahwa tubuh Anda membutuhkan lebih banyak vitamin C. Hidungmu dipenuhi pembuluh darah kecil dan vitamin C penting untuk menjaga kekuatanny. Mimisan dapat terjadi jika pembuluh darah Anda lemah


10. Kuku tipis dan lemah

Tubuh butuh vitamin C agar dapat menyerap zat besi dengan lebih baik. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin C, anemia akibat kurangnya zat besi dapat terjadi, sehingga kuku Anda rapuh. Kalau Anda sudah mencoba memakai penguat kuku, tapi hasilnya nihil, Anda bisa menambahkan lebih banyak buah dan sayuran segar ke dalam menu harian Anda untuk menyelesaikan masalah ini dan meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan.

(Sri Wahyuni Sitorus)


Baca Juga 










Berita terkait
5 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit
Menurut dokter kulit, penggunaan serum vitamin C secara rutin dapat meratakan warna kulit dan membantu Anda mendapatkan kulit yang bersih.
Wajib Tahu! Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan Kulit
Merawat kecantikan tubuh tidak hanya dari luar saja, dari dalam pun kita perlu merawat kecantikan khususnya kulit. Berikut manfaat vitamin E.
Cara Gabungkan Vitamin C, Retinol, dan Hyaluronic Acid
Siapa sangka jika kombinasi dari beberapa bahan bisa membuat kulit menjadi lebih baik dan sehat, seperti vitamin C, Retinol, dan Hyaluronic acid.
0
10 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin C
Kurangnya vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan kualitas hidup yang rendah dan gejala buruk lainnya.