Jakarta (17/12/2018) - Curhatan, informasi, foto eksis hingga puisi ditebar ke linimasa, ada juga yang mengikutsertakan hoaks atau propaganda. Deretan cuit kemudian diketik demi meluruskan sesat pikir, tak jarang justru menjadi bahan perdebatan tanpa akhir.

Twitter memang menjadi salah satu media sosial yang masih diminati warganet. Tak hanya masyarakat biasa, selebriti maupun politisi ikut nimbrung dalam media sosial berlambang burung biru tersebut.

Politisi ikut mencuit menjadikan suasana linimasa lebih berwarna. Bagi para penghuni platform yang muncul pada tahun 2006 itu, kehadiran akun-akun elit politik merupakan keistimewaan era digital, di mana masyarakat bisa lebih bebas mencuitkan kritik, saran, pujian atau justru makiannya.

Siapa saja politisi yang punya nyali menceburkan diri ke ruang publik melalui media yang para penghuninya terkenal ganas dalam mengkritik ini?

Melalui penghitungan manual pada 17 Desember 2018, berikut ini Tagar News rangkum daftar 10 politisi dengan pengikut terbanyak di Twitter sepanjang tahun 2018:

JokowiPresiden Joko Widodo nge-vlog bersama dengan satpam seluruh Indonesia. (Foto: Facebook/@Jokowi)

1. @jokowi
Akun milik Presiden Joko Widodo menempati peringkat pertama sebagai politisi dengan jumlah pengikut terbanyak di Twitter. Menjaring lebih dari 10,6 Juta pengikut, tidak jarang cuit dari mantan Wali Kota Solo ini menjadi viral, membuat bahan bahasan linimasa di berbagai platform sosial media lain selama berhari-hari.

Foto bersama keluarga besar yang diunggah Jokowi melalui Twitter pada tanggal 8 desember 2018 lalu misalnya, mendapat lebih dari 14.000 retweet, 40.000 tanda disukai dan mendapat 2,7 ribu lebih balasan.

Dibuat Sejak: 3 September 2011
Jumlah Cuitan: 1.350
Jumlah Following: 60 Akun
Jumlah Followers: 10.634.548 Akun

SBYKetua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato politiknya pada acara penutupan Pembekalan Caleg DPR-RI Periode 2019-2024 Partai Demokrat di Jakarta, Minggu (11/11/2018). Dalam pidatonya SBY menyampaikan bahwa tuduhan kasus Bank Century terhadap dirinya dan Partai Demokrat telah selesai dan usai. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

2. @SBYudhoyono
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menduduki peringkat kedua sebagai politisi dengan jumlah pengikut terbanyak di Twitter.

SBY dikenal sebagai Presiden Indonesia pengguna Twitter pertama kali. Dia menggunakan media sosial demi menjaring dan menyapa pendukungnya, wajar jika akun yang dikelola oleh staff SBY mendapat porsi besar sebanyak lebih dari 9,8 juta pengikut platform sosial media besutan Jack Dorsey ini. Mengingat saat akun @SBYudhoyono tersebut dibuat, yakni pada tanggal 27 Maret 2013, Twitter merupakan media sosial yang paling digandrungi saat itu.

Dibuat Sejak: 27 Maret 2013
Jumlah Cuitan: 4.785
Jumlah Following: 125 Akun
Jumlah Followers: 9.897.431 Akun

AhokBasuki Tjahaja Purnama atau Ahok (tengah). (Foto: Instagram/basukibtp)

3. @basuki_BTP
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama atau karib disapa Ahok itu sedari awal memang menjadi primadona di Twitter. Meski Ahok saat ini berada di sel tahanan Mako Brimob terkait kasus penistaan agama beberapa waktu lalu, akun twitter @basuki_BTP masih tetap aktif dikelola oleh timnya untuk promosi buku, film dan kabar terbaru mengenai sang empunya akun.

Menyapa linimasa sejak tanggal 18 Februari 2010, akun milik Ahok saat ini telah di ikuti sebanyak lebih dari 8,02 juta akun di media sosial twitter.

Dibuat Sejak: 18 Februari 2010
Jumlah Cuitan: 2.669
Jumlah Following: 52 Akun
Jumlah Followers: 8.023.510 Akun

Prabowo SubiantoPrabowo Subianto. (Foto: Facebook/Prabowo Subianto)

4. @prabowo
Calon presiden nomor urut 02 pada kontestasi pemilihan presiden tahun 2019 Prabowo Subianto sudah mempergunakan Twitter untuk menyapa para pendukungnya sejak tahun 2009 silam. Beberapa kali mengalami pengubahan nama akun, saat ini Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut menduduki peringkat ke empat daftar 10 politisi dengan jumlah pengikut di Twitter terbanyak.

Meski memiliki lebih dari 3,4 juta pengikut, akun Twitter @prabowo lebih terkesan sebagai corong komunikasi satu arah saja, mengingat jarangnya akun @prabowo terlibat diskusi dengan para pengikut yang memuja atau mengkritiknya.

Dibuat Sejak: 16 Mei 2009
Jumlah Cuitan: 8.739
Jumlah Following: 1.991 Akun
Jumlah Followers: 3.417.671 Akun

Ridwan KamilGubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil telah mengeluarkan status siaga 1 bencana. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

5. @ridwankamil
Jago berpuisi dan berkomedi, menyapa pengikutnya dengan santun, lalu menusuk pengkritiknya dengan argumentasi berbalut canda, menempatkan akun milik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ini di peringkat ke-5 daftar 10 politisi dengan pengikut terbanyak di media sosial twitter.

Ridwan Kamil telah menggunakan platform Twitter sebagai bagian dari usahanya memaksimalkan pelayanan masyaraat sejak dirinya masih menjadi Wali Kota Bandung. Mantan arsitek kelas dunia ini kerap kali memperkenalkan program dan kebijakannya mengatur kota Bandung lewat Twitter.

Dibuat Sejak: 6 Oktober 2009
Jumlah Cuitan: 41.550
Jumlah Following: 2882 Akun
Jumlah Followers: 3.236.687 Akun

JK dan Kesepakatan Bersama Para OrmasWakil Presiden Jusuf Kalla (ketiga kiri), didampingi mantan Rais Aam PBNU Ma'ruf Amin (ketiga kanan), Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Agil Siradj (kedua kanan), Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir (kedua kiri), Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI) Indonesia Hamdan Zoelva (kiri) dan Menteri Agama Lukman Hakim (kanan) menyampaikan hasil pertemuan para ormas terkait peristiwa pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid, di Rumah Dinas Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (26/10/2018). Dalam pertemuan tersebut para ormas menyepakati untuk menjaga suasana kedamaian, berupaya meredam situasi, serta mengajak seluruh masyarakat untuk bergandengan tangan menolak upaya adu domba dan pecah belah. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

6. @Pak_JK
Wakil Presiden Jusuf Kalla tak mau ketinggalan mengabarkan perihal agenda kerja harian dirinya sebagai wapres, informasikan program kerja sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia, maupun kegiatan dan ungkapan pribadinya lewat media sosial twitter.

Agenda pertemuannya dengan banyak pimpinan dunia saat mengikuti KTT G20, sampai ucapan belasungkawa pribadi kepada keluarga korban kecelakaan Lion Air JT 610 beberapa waktu lalu diutarakan JK melalui linimasa Twitter.

Dibuat Sejak: 25 Oktober 2012
Jumlah Cuitan: 4.081
Jumlah Following: 736 Akun
Jumlah Followers: 2.847.953 Akun

Ahmad Dhani PrasetyoPolitikus Partai Gerindra Ahmad Dhani Prasetyo. (Foto: @ahmaddhaniprast)

7. @AHMADDHANIPRAST
Punggawa grup musik Dewa 19, Ahmad Dhani Prasetyo mengawali karier berpolitiknya saat mengajukan diri sebagai calon Wakil Bupati Bekasi menemani pasangannya Sa’duddin pada 2017 lalu. Berkat komentar dan manuver yang kerap dilontarkan via cuitan di akun Twitter miliknya, Dhani bahkan sempat terancam masuk bui karena dianggap menghina beberapa kelompok tertentu.

Suami penyanyi Mulan Jameela ini berada di posisi ke–7 deretan 10 politisi dengan jumlah pengikut media sosial Twitter terbanyak tahun 2018.

Dibuat Sejak: 8 Oktober 2010
Jumlah Cuitan: 20.192
Jumlah Following: 162 Akun
Jumlah Followers: 2.779.696 Akun

Anies BaswedanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Antara/Reno Esnir)

8. @aniesbaswedan
Nama Anies Baswedan melambung ke dunia politik paska menjadi Menteri Pendidikan era Kabinet Kerja Pertama Jokowi tahun 2014 silam. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini kian jadi perbincangan di ranah maya setelah manuvernya mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta melawan petahana, Ahok Basuki Tjahaya Purnama pada pemilihan kepala daerah tahun 2017 lalu.

Keberhasilan memenangi kontestasi pemilihan kepala derah menjadi puncak popularitas Anies di Twitter, sekaligus menghantarkan dirinya diposisi ke-5 politisi dengan jumlah pengikut terbanyak di Twitter.

Dibuat Sejak: 31 Januari 2010
Jumlah Cuitan: 11.636
Jumlah Following: 641 Akun
Jumlah Followers: 2.397.691 Akun

Mahfud MDMantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjawab pertanyaan wartawan usai memberikan kuliah umum "Memupuk Nasionalisme dan Patriotisme di Dunia Perguruan Tinggi" di Universitas Bosowa, Makassar, Rabu (19/9/2018). (Foto: Tagar/Rio Anthony)

9. @mohmahmudmd
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga sempat santer didaulat menjadi calon Presiden oleh Partai Kebangkitan Bangsa, Mahfud MD juga punya barisan massa pengikut di jagat Twitter.

Pembawaannya yang tenang dalam menjelaskan suatu permasalahan, kesabarannya untuk menjawab banyak pertanyaan dan keilmuan dalam bidang Hukum Tata Negara, bisa jadi merupakan alasan banyak warganet setia mengikuti cuitannya via akun yang telah dibuat sejak 14 April 2011 silam tersebut.

Dibuat Sejak: 14 April 2011
Jumlah Cuitan: 23.257
Jumlah Following: 637 Akun
Jumlah Followers: 2.380.522 Akun

Dahlan IskanDahlan Iskan (Foto: Ist)

10. @iskan_dahlan
Peringkat terakhir daftar 10 politisi dengan penggiat terbanyak di media sosial Twitter diduduki oleh mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Meski telah menjauhkan diri dari hiruk pikuk dunia perpolitikan nasional, Dahlan kadang masih berkomentar lewat esainya yang dia cuitkan via twitter.

Mantan Pemimpin Redaksi Harian Umum Jawa Pos tersebut  saat ini memiliki kanal resmi berisi tulisan-tulisan segar milik beliau, bernama Disway.Id. Tulisan yang berisi pandangan-pandangannya terkait banyak hal, termasuk kebijakan politik, dia sebar luaskan juga melalui linimasa Twitter.

Dibuat Sejak: 11 April 2012
Jumlah Cuitan: 10.991
Jumlah Following: 10.315 Akun
Jumlah Followers: 2.176.587 Akun