10 Olahan Durian Menggugah Selera

Durian salah satu buah yang mengugah selera, cita rasanya yang khas selalu dicari para pecintanya. Berikut Tagar bagikan beberapa olahannya.
Buah Durian. (Foto: Pixabay/truthseeker08)

Jakarta - Durian atau biasa disebut duren merupakan salah satu buah yang hanya bisa ditemukan di Asia Tenggara. Baunya yang menyengat dan rasa yang sulit hilang dari tenggorokan membuatnya dicinta dan juga dibenci oleh sebagian orang.

Indonesia memiliki puluhan jenis durian yang menyebar di seluruh daerah. Melimpahnya buah berduri tajam ini, membuat masyarakat di Tanah Air menciptakan aneka jenis panganan. 

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber beberapa olahan durian yang menggugah selera.

1. Es Krim Durian

Es Krim Durian10 Olahan Durian Menggugah Selera. (Foto: Instagram/terkenang.rasa)

Durian dalam bentuk es krim memberikan sensasi yang berbeda. Aroma durian dan dinginnya es krim berpadu memberikan cita rasa yang khas. 

Aroma durian yang melekat kuat pada es krim juga meninggalkan rasa yang melekat di mulut.

2. Serabi Durian

Serabi Durian10 Olahan Durian Menggugah Selera. (Foto: Instagram/fransiskaailen)

Serabi yang terbuat dari tepung beras, terigu dan santan ini memberikan cita rasa yang berbeda saat disajikan dengan kuah durian. 

Tidak seperti kuah serabi yang terbuat dari gula merah, kuah durian tak hanya memberikan rasa manis, tetapi juga aroma segar dan bau yang cukup kuat.

3. Pancake Durian

Pancake Durian10 Olahan Durian Menggugah Selera. (Foto: Instagram/yanmmy_durenmedan)

Panganan berisi vla durian yang dibungkus kulit crepes ini awalnya dipelopori oleh warga Medan. Untuk informasi, vla adalah produk susu khas Belanda yang terbuat dari susu segar.

Awalnya, pedagang rumahan di Kota Medan bosan melihat durian yang hanya dijajakan dipinggir jalan dalam bentuk buah utuh. Kemudian, mulai memodifikasi dengan membuat olahan durian berupa pancake.

Sekarang, pancake durian tak hanya dijual di Medan. Sudah banyak toko di daerah lainnya yang menawarkan kue dengan warna khas kuning. Pancake durian kemudian dimodifikasi lagi dengan warna-warni menarik. 

4. Ketan Durian

Ketan Durian10 Olahan Durian Menggugah Selera. (Foto: Instagram/ketan_mantul_bozzq)

Ketan durian merupakan panganan olahan durian yang sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, tak diketahui dengan pasti daerah mana dan siapa yang menciptakan makanan ini, tetapi sering dijumpai di rumah-rumah orang Sumatera. 

Panganan mengoyang lidah ini terdiri dari ketan yang disiram kuah santan beraroma durian, vla durian dan durian utuh.

Ketan durian memiliki berbagai variasi. Biasanya disajikan saat perayaan hari-hari besar. Pertemuan ketan yang berlemak dan daging durian yang legit menciptakan rasa nikmat dimulut.

5. Sop Durian

Sop Durian10 Olahan Durian Menggugah Selera. (Foto: Instagram/sopdurian24)

Sop durian yang masuk dalam kategori desert ini bisa dijumpai di restoran bintang lima, kafe sampai ke pedagang kaki lima. Harga yang ditawarkan bervariasi, tapi masih ramah di kantong. 

Berbahan dasar daging durian segar, sop durian disajikan dengan berbagai topping. Lebih nikmat lagi, disajikan saat dingin.

6. Bubur Durian

Bubur Durian10 Olahan Durian Menggugah Selera. (Foto: Instagram/melatiyusmarelda)

Bubur durian biasanya dibuat menjadi satu dengan bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau dimasak terlebih dahulu seperti biasanya. Lalu setelah masak dicampur dengan daging durian segar. 

Bubur durian bisa dinikmati selagi hangat ataupun dingin. Selain bubur kacang hijau, bubur durian juga bisa divariasikan dengan bubur jagung.

7. Klapertart Durian

Klapertart Durian10 Olahan Durian Menggugah Selera. (Foto: Instagram/nilibakery)

Kue klapertart yang merupakan kue khas Manado berbahan dasar tepung terigu, susu, kelapa, telur dan mentega. 

Biasanya panganan ini dijadikan hidangan penutup yang ditambah campuran daging durian. 

Klapertart dan durian yang bercampur menjadi satu menciptakan cita rasa baru yang mesti dicoba para pecinta durian.

8. Durian Strudel

Durian Strudel10 Olahan Durian Menggugah Selera. (Foto: Instagram/leenthefoodie)

Kue dari beberapa lapis pastri ini biasanya diberi isian buah-buahan. Panganan yang berasal dari Turki ini kini sudah banyak dimodifikasi di Indonesia. Salah satunya adalah durian strudel. 

Strudel yang biasanya diisi buah apel, dimodifikasi dengan durian. Memberikan cita rasa baru yang belum ada di negara asalnya dan negara Eropa lainnya.

9. Pizza Durian

Pizza Durian10 Olahan Durian Menggugah Selera. (Foto: Instagram/nerinaelli)

Pizza durian mungkin masih terasa asing dan aneh bagi sebagian orang. Namun, panganan ini mulai populer di kota besar seperti Jakarta, Medan, dan Bandung

Pizza yang terdiri dari daging durian ini terasa segar saat dicampur dengan susu kental manis yang diletakkan diatas adonan pizza, terakhir ditambah sedikit keju mozarela. 

10. Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak10 Olahan Durian Menggugah Selera. (Foto: cookpad)

Sambal tempoyak olahan durian yang sudah sangat terkenal di beberapa daerah di Indonesia. Tempoyak adalah semacam saus sambal dan biasanya terbuat dari sisa-sisa buah durian yang tidak terjual saat musim petik berakhir.

Sambal durian ini terbuat dari durian yang telah masak, biasanya menggunakan durian yang sedikit berair. Kemudian daging durian diberi cabe rawit dan garam, sebelum disimpan di tempat yang telah tertutup rapat supaya mengalami proses fermentasi selama tiga hingga lima hari. 

Biasanya sambal ini dikombinasikan dengan makanan lain, seperti untuk kuliner khas Palembang yang digabung dengan ikan mas, mujair, hingga ikan patin. []

Berita terkait
5 Kuliner Khas Wuhan China, Letak Virus Corona
Tak hanya makanan ekstrem seperti sup kelelawar dan tikus. Wuhan di China, yang belakangan disoroti pelahir virus corona, punya kuliner lezat.
Empat Kuliner Aceh Kesukaan Presiden Jokowi
Presiden RI Joko Widodo punya kuliner kesukaan saat berkunjung ke Aceh.
Bassang, Kuliner Khas Makassar yang Sudah Langka
Satu lagi kuliner khas Makassar yang sudah jaran dijumpai di gang-gang di kota Makassar yakni Basang
0
Sejarah KUA, dari Lembaga Kepenghuluan Menjadi Kantor Urusan Agama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bahwa KUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kesejarahan Indonesia.