10 Negara Paling Damai di Dunia

Negara ini cocok untuk Wisatawan yang Mencari Ketenangan
Ilustrasi negara paling damai di dunia. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta -Tingkat kedamaian suatu negara memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan sosial, ekonomi dan politik suatu negara. Institute for Economic and Peace (IEP) Adalah sebuah lembaga penelitian internasional swasta. Aset utama dalam IEP adalah Global Peace Index atau indeks perdamaian dunia yang sekarang di anggap sebagai tolak ukur dalam mengukur tingkat kedamaian dunia.

Sejak tahun 2017, Global Peace Index menggunakan 23 indikator untuk mengukur tingkat kedamaian suatu negara dan menemukan ada 8 pilar utama diantaranya pemerintahan yang berfungsi dengan baik, lingkungan bisnis yang sehat, penerimaan hak-hak orang lain, hubungan baik dengan tetangga, arus informasi yang bebas, modal sumber daya manusia yang tinggi, tingkat korupsi yang rendah, dan distribusi sumber daya yang adil.

Bagi Anda yang ingin melepas penat dan berlibur ke luar negeri, sepertinya negara-negara ini patut Anda kunjungi. Berikut daftar 10 negara dari 163 negara dalam daftar negara paling damai di dunia dilansir dari data Global Peace Index.


1. Swiss

Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Negara Swiss mendapat nilai 1366 pada indeks perdamaian dunia dan menempatkan negaranya di urutan ke-10 negara paling damai di dunia. Dengan luas negara 41,285 km2 dan jumlah populasinya sekitar 8.279.700 jiwa, negara Swiss juga di kenal sebagai rumah organisasi palang merah di dunia.


2. Jepang

Sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Negara Jepang mendapat nilai 1360 pada indeks perdamaian dunia sekaligus menempatkan negaranya di urutan ke-9 negara paling damai di dunia. Negara Jepang termasuk negara maju di Asia maupun dunia. Negara ini memiliki tingkat ekonomi nasional ke tiga terbesar di dunia melalui beberapa produknya yang tersebar ke suluruh dunia.


3. Republik Ceko

Salah satu negara di Eropa Tengah. Negara Republik Ceko mendapat nilai 1337 pada indeks perdamaian dunia sekaligus menempatkan negaranya di urutan ke-8 negara paling damai di dunia. Nilai Republik Ceko di pengaruhi oleh penilaian pada faktor yang mempengaruhi kesejahteraan Seperti pekerjaan dan pendapatan, keseimbangan kehidupan kerja, serta pendidikan dan keterampilan.


4. Singapura

Sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya ini mendapat nilai 1321 pada indeks perdamaian dunia sekaligus menempatkan negaranya di urutan ke-7 negara paling damai di dunia. Singapura adalah pusat keuangan terdepan ketiga di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.


5. Kanada

Negara paling utara di kawasan Amerika Utara. Kerajaan (monarki konstitusional) ini terbagi dalam 10 provinsi dan 3 teritori, dengan menganut sistem desentralisasi. Negara Kanada mendapat nilai 1298 pada indeks perdamaian dunia sekaligus menempatkan negaranya di urutan ke-6 negara paling damai di dunia. Negara ini tergolong negara maju, yang perekonomiannya bergantung pada hasil alam dan menempatkan dirinya sebagai negara 10 dengan ekonomi terbesar di dunia.


6. Denmark

Suatu negara Nordik yang paling kecil dan paling selatan. Negara Denmark mendapat nilai 1283 pada indeks perdamaian dunia sekaligus menempatkan negaranya di urutan ke 5 negara paling damai di dunia. Denmark, yang menganut konsep ekonomi kapitalis pasar campuran sekaligus kesejahteraan sosial, adalah negara yang memiliki pendapatan tertinggi di dunia. Pada tahun 2009, Denmark adalah salah satu dari negara yang paling tidak korup di dunia berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi, posisi kedua setelah Selandia Baru.


7. Austria

Sebuah negara yang tidak memiliki laut di Eropa Tengah dan terdiri dari 9 (sembilan) negara bagian (Bundesländer), salah satunya adalah Wina, pusat pemerintahan Austria sekaligus merupakan kota terbesarnya. Negara Austria mendapat nilai 1275 pada indeks perdamaian dunia sekaligus menempatkan negaranya di urutan ke-4 negara paling damai di dunia. Berdasarkan penghasilan per kapita, Austria adalah negara terkaya ke-12 di dunia. Austria mempunyai ekonomi pasaran maju dan taraf hidup yang tinggi. Penyertaan dalam EU telah menarik banyak pekerja asing kerana kemudahan untuk memasuki pasaran tunggal Eropa.


8. Portugal

Sebuah negara bagian Eropa di wilayah barat daya. Negara Portugal mendapat nilai 1247 pada indeks perdamaian dunia sekaligus menempatkan negaranya di urutan ke-3 negara paling damai di dunia. Portugal mendapat nilai di atas rata-rata dalam faktor kesejahteraan dan keamanan seperti dalam perubahan keseimbangan kehidupan kerja, keamanan pribadi, dan kualitas lingkungan.


9. Selandia Baru

Sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik ini merupakan kepulauan terakhir yang didiami oleh manusia. Negara Selandia Baru mendapat nilai 1998 pada indeks perdamaian dunia sekaligus menempatkan negaranya di urutan ke-2 negara paling damai di dunia. Selandia Baru termasuk dalam negara maju dengan tingkat pertumbuhan ekonomi menyaingi Eropa Selatan dalam beberapa hal. Misalnya pada Indeks Pembangunan Manusia yang menempatkan Selandia Baru pada urutan ketiga.


10. Islandia

Sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik. Negara Islandia mendapat nilai 1078 pada indeks perdamaian dunia sekaligus menempatkan negaranya di urutan ke-1 negara paling damai di dunia. Islandia adalah negara paling damai di dunia, karena kurangnya angkatan bersenjata, tingkat kejahatan yang rendah, dan stabilitas sosial-politik tingkat tinggi. Islandia terdaftar di Buku Rekor Guinness sebagai "Negara peringkat paling damai" dan "belanja militer terendah per kapita".

(Vidiana Lihayati)

Berita terkait
Cara Aman Berlibur ke Pantai di Era New Normal
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin bepergian ke pantai di era New Normal agar terhindar dari penyebaran virus Corona.
Prancis Siap Menyambut Turis yang Ingin Berlibur
Prancis nampaknya siap untuk kembali membuka negaranya bagi para wisatawan yang ingin datang berlibur.
Tips Berlibur di Era New Normal Selama Pandemi Corona
Sekian lama berada di rumah, sebagian besar orang berkeinginan untuk berlibur di era new normal. Berikut tips aman berlibur selama era new normal.
0
TNI-Polri Memburu Pelaku Pembakar Hutan di Aceh Tengah
Aparat gabungan TNI-Polri masih mencari pelaku pembakaran hutan dan lahan di Desa Gunung Suku, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah