10 Manfaat Smartwatch Selain Petunjuk Arah atau Navigasi

Smartwatch di desain seperti jam tangan pada umumnya namun fungsinya ditingkatkan hampir menyamai ponsel.
ilustrasi Smartwatch. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Seiring perkembangan teknologi, berbagai jenis barang elektronik ditingkatkan fungsinya guna mencakup semua yang dibutuhkan manusia dalam satu benda. Semakin efisien dan fleksibel maka semakin banyak peminatnya.

Kehadiran smartwatch sebagai terobosan baru beberapa dekade terakhir telah mencuri perhatian. Smartwatch di desain seperti jam tangan pada umumnya namun fungsinya ditingkatkan hampir menyamai ponsel. Selain itu, tidak seperti ponsel harus digenggam dan rentan terjatuh, smartwatch jauh lebih aman karena menempel pada pergelangan tangan.

Sayangnya, karena layarnya yang kecil seperti jam pada umumnya, tidak semua orang menyukai dan nyaman saat memakainya. Butuh waktu sampai penggunanya terbiasa mengakses segala fitur yang tersedia.

Bagi kalian yang penasaran dan tertarik dengan jam pintar ini ketahui lebih dulu manfaat dari smartwatch sebelum membelinya.


1. Mencatat semua kegiatan pengguna

Fungsi yang satu ini mirip dengan pencatatan ‘to do list’ di sebuah kertas. Pengguna mendapatkan fitur yang mencatat segala kegiatan dan jadwal. Fitur ini juga dilengkapi dengan tombol yang dapat ditekan apabila pengguna telah menyelesaikan kegiatannya. Nantinya data itu akan tersimpan dan dapat dilihat progresnya dalam bentuk data perhari, perminggu, dan perbulan melalui ponsel.

2. Pengaturan waktu

Time tracking digunakan untuk mencatat dan mengukur berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan suatu kegiatan. Smartwatch menawarkan kemudahan bagi penggunanya untuk mengatur waktu sesuai kebutuhannya. Seperti untuk belajar bisa diatur selama 1 jam ke depan atau waktu tidur selama 2 jam ke depan. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.


3. Mencatat ide yang tiba-tiba muncul

Letak jam pintar yang berada di pergelangan tangan sangat menguntungkan untuk hal-hal mendesak seperti terpikir ide baru yang harus segera dicatat. Jika sebelumnya seseorang harus menyiapkan sebuah kertas untuk mencatatnya, dengan smartwatch pengguna hanya perlu membuka fitur ‘note’ kemudian dengan merekamnya dengan suara. Ide yang terlintas tadi dapat tersimpan tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang tengah dikerjakan.

4. Alarm

Selain sebagai penunjuk waktu, fungsi umum pada jam adalah sebagai alarm. Pada smartwatch fitur ini juga tersedia untuk mengatur sekaligus mengingatkan pengguna pada jam-jam tertentu.


5. Terhubung dengan mesin pencarian

Saat sedang berkegiatan terkadang kita butuh mengakses mesin pencarian. Jangan khawatir smartwatch menyediakan fitur tersebut sehingga pengguna tidak repot sampai membuka ponsel atau laptop hanya untuk membuka Google. Cara pengaksesannya pun cukup dengan suara, nantinya di layar akan muncul kata yang kita sebutkan.

6. Pengaturan notifikasi

Pengguna dapat mengatur notifikasi dari siapa yang dapat muncul di jam pintar. Selain itu mereka dapat membalas pesan melalui suara yang akan diterjemahkan menjadi tulisan seperti fitur pengantar pesan pada umumnya.


7. Meningkatkan kebiasaan hidup sehat

Ini adalah fitur unggulan dari smartwatch dimana terdapat sistem sensor untuk mengetahui detak jantung, kebutuhan air dalam tubuh, kebutuhan tidur, olahraga, dan meditasi. Wujudnya yang kecil dan dapat digunakan di pergelangan tangan tidak menganggu saat memakainya.

Sistem akan menampilkan data terbaru bila pengguna butuh banyak minum air, butuh waktu tidur yang cukup, dan menyarankan beragam gerakan saat berolahraga. Hal ini mempermudah penggunanya untuk mencapai target hidup sehat impiannya.

8. Sebagai kendali jarak jauh

Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini saat melakukan 2 kegiatan dalam satu waktu misalnya pengguna ingin mengganti lagu, tetapi masakan tidak bisa ditinggalkan. Mereka tidak perlu repot untuk mengambil ponsel karena jam pintar ini bisa terhubung ke aplikasi di ponsel.

Selain terhubung dengan aplikasi, smartwatch juga dapat terhubung dan melakukan pengendalian jarak jauh ketiks memposisikan kamera.


9. Dapat menunjukan arah atau navigasi

Layaknya ponsel pada smartwatch pengguna dapat mengakses peta untuk navigasi arah tujuan ke suatu tempat.


10. Kalkulator

Ini adalah fitur dasar yang biasa ditemukan di ponsel berfungsi melakukan penghitungan angka.


(Sekar Aqillah Indraswari)

Berita terkait
Lima Smartwatch Harga Terjangkau Pemanis Pergelangan Tangan
Berikut 5 smartwatch dengan harga bersahabat tetapi bisa mempermanis pergelangan tangan Anda.
WISH Smartwatch Canggih Akan Segera Dirilis
WISH smartwatch yang dilengkapi berbagai fitur pengecekan kesehatan dengan akurasi hampir 90%.
Smartwatch WISH, Alat Canggih Deteksi Gejala Covid-19
PT Widya Imersif Teknologi meluncurkan smartwatch canggih, Smartwatch WISH yang mampu deteksi gejala corona. Begini cara kerjanya.
0
Dendam Terbalas, West Ham Permalukan MU di Old Trafford
Manchester United tersingkir dari EFL Cup di ronde ketiga di Old Trafford, saat West Ham membalas dendam atas kekalahan Liga Premier kemarin.