10 Makanan Wajib untuk Menghindari Kulit Berminyak

Penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat. Selain sayuran hijau, ini daftar makanan yang wajib Anda makan untuk mengatasi kulit berminyak.
Ilustrasi makanan untuk kulit berminyak (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Menjaga kulit tetap bersih dan bebas jerawat adalah hal yang tidak mudah. Selain memiliki kulit berjerawat, mimpi buruk lain yang sering dihadapi orang adalah memiliki kulit berminyak. Ini sering dianggap sama bermasalahnya dengan jerawat.

Penyebab asli kulit berminyak bergantung pada genetik seseorang, namun ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Makan dengan benar adalah salah satunya. Mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dimakan untuk menghindari kulit berminyak dapat membantu mengatasinya.

Melansir dari laman Ndtv Food, berikut daftar makanan wajib yang sudah Tagar rangkum agar kulit tampak sehat:

1. Kacang

Kacang memiliki banyak nutrisi di dalamnya yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih agar kulit tetap bersih. Kacang juga mengandung asam lemak omega 3 yang tidak pecah menjadi gula yang dapat memperburuk sekresi minyak.

2. Lemon

Seperti jeruk, lemon mengandung vitamin C yang dapat memberikan keajaiban pada kulit tanpa Anda sadari. Tidak hanya menjaga kulit tetap bersih, lemon efektif menyerap minyak dari kulit Anda, membuat kulit terlihat halus dan cerah.

3. Pisang

Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, memakan pisang setiap hari bisa sangat bermanfaat. Pisang mengandung fosfat, kalium dan vitamin E, yang membantu kulit bersinar. Ini dapat membantu mengatur pori-pori, dengan demikian pisang dapat mencegah kotoran masuk ke kulit Anda yang menyebabkan penumpukan minyak.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau tidak memiliki kandungan minyak atau lemak. Mereka kaya akan serat yang dapat membersihkan minyak dan kulit Anda sekaligus.

5. Ketimun

Buah ini mengandung jumlah air maksimal di dalamnya. Ia memiliki kekuatan untuk melembabkan kulit Anda dengan efek pendinginan bersama dengan antioksidan.

6. Ikan

Seperti kacang-kacangan, ikan mengandung asam lemak omega 3. Karena itu, ikan membantu mengatasi peradangan dan memperbaiki kulit yang berminyak sehingga dapat mencegah jerawat.

7. Alpukat

Alpukat sangat bagus untuk kulit. Tidak hanya dimakan, alpukat juga bisa dioleskan langsung ke kulit untuk mencegah sekresi minyak. Ini bisa digunakan sebagai pelembab yang efektif untuk kulit Anda.

8. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian mengandung serat tinggi yang membantu proses pencernaan dan menjaga kulit kita bebas dari minyak dan jerawat.

9. Cokelat Hitam

Cokelat hitam tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga berfungsi dalam mencegah peradangan jerawat ,dengan bantuan antioksidan cokelat hitam dapat mengontrol produksi minyak pada kulit.

10. Brokoli

Brokoli dikenal memiliki banyak vitamin C yang mudah diserap tubuh manusia. Hal ini membantu dalam mengendalikan minyak, dan mengurangi risiko jerawat.

(Viona Bono Valvinka)




Berita terkait
Mengenal Ciri-ciri Kulit Wajah Kering dan Berminyak
Seluruh wanita seharusnya mulai mengenal ciri-ciri kulit kering dan berminyak agar tidak salah memilih produk skincare. Berikut penjelasannya.
Kesalahan dalam Menjalankan Perawatan Kulit Berminyak
Kulit berminyak tentu harus dirawat dengan benar dan tepat agar tetap sehat. Namun, seringkali sebagian orang melakukan kesalahan dalam merawatnya.
Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak
Kulit berminyak bagi sebagian orang dianggap bermasalah karena kulit akan rentan muncul jerawat, komedo, dan noda lainnya.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.