UNTUK INDONESIA
10 Lagu Cinta Sepanjang Masa Karya Glenn Fredly
Berikut Tagar rangkumkan 10 karya lagu dari mendiang Glenn Fredly, yang kerap masuk dalam daftar deretan tembang percintaan sepanjang masa.
Glenn Fredly (Foto: Glenn Fredly/Instagram).

Jakarta - Selama hidupnya, mendiang Glenn Fredly dikenal lekat dengan lagu-lagu romantis yang kerap membuat hanyut para pendengar setianya. Ia meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020 akibat penyakit meningitis yang diidapnya.

Pria pemilik nama asli Glenn Fredly Deviano Latuihamallo itu memulai karir di dunia tarik suara dan terkenal di era 2000-an. Menengok sepak terjangnya selama puluhan tahun di belantika musik, telah banyak lagu-lagu yang dia gubah dan lantunkan hingga menjadi hits sepanjang masa.

Lagu-lagu yang menjadi karyanya memuat satu benar merah khas, yakni percintaan. Baik yang berkisah mengenai hati yang terpatahkan, hingga cerita romantis sepasang manusia yang dirundung asmara.

Berikut Tagar rangkumkan 10 karya lagu dari mendiang Glenn Fredly, yang kerap masuk dalam daftar deretan tembang percintaan sepanjang masa:

Glenn FredlyGlenn Fredly telah tutup usia 44 tahun lantaran penyakit radang otak yang dideritanya. (Foto: Instagram/glennfredly309)

1. Januari

Lirik lagu Januari menceritakan adanya kegalauan hati seorang lelaki yang kisah asmaranya berakhir. Sejumlah sumber menyebutkan, tembang ini terinspirasi kisah kehidupan Glenn Fredly yang sesungguhnya.

Lagu Januari merupakan salah satu penanda awal karier Glenn di kancah permusikan nasional. Hingga kini, tembang menyayat hati ini selalu lekat dengan sosok Nyong Ambon itu.

Glenn FredlyGlenn Fredly. (Foto: Instagram/@glennfredly309)

2. You Are My Everything

Tak monoton menciptakan lagu berbahasa Indonesia, Glenn Fredly rupanya tergerak juga untuk menuturkan kisah romantis ke sebuah lagu dengan lirik berbahasa Inggris, salah satunya tembang berjudul You Are My Everything.

Lagu You Are My Everything merupakan salah satu tembang yang terdapat di album keempat Glenn Fredly yang bertajuk OST Cinta Silver. Sesuai dengan namanya, album tersebut berisi soundtrack untuk film berjudul sama yang diperankan Luna Maya dan Restu Sinaga.

Glenn FredlyGlenn Fredly. (Foto: Instagram/@glennfredly309)

3. Kasih Putih

Tembang berjudul Kasih Putih benar-benar merupakan penanda karier Glenn Fredly di kancah musik Indonesia. Dirilis pada tahun 2000 lalu, lagu ini masih membekas di ingatan pendengarnya hingga kini.

"Biarkanlah kurasakan, hangatnya sentuhan kasihmu. Bawa daku, penuhiku, berilah diriku kasih putih," demikian penggalan lirik puitis dalam lagu tersebut.

Glenn FredlyGlenn Fredly dalam kenangan Mutia Ayu. (Foto: Instagram/glennfredly309)

4. Perempuanku

Sedikit berbeda dengan lagu-lagu populer lain yang didominasi unsur Pop yang kental, Glenn Fredly berkolaborasi dengan rapper perempuan Indonesia, Yacko, untuk menggarap tembang bergenre RnB berjudul Perempuanku.

Dalam lagu dengan irama sedikit mengentak ini, Glenn seolah ingin memperlihatkan pemujaannya terhadap sosok perempuan melalui liriknya.

Glenn FredlyGlenn Fredly menikahi Mutia Ayu. (Foto: Instagram/mutia_ayuu)

5. Kisah Romantis

Masuk dalam album OST Cinta Silver yang dirilis pada 2005 lalu, lagu Kisah Romantis menggambarkan suasana hati seorang laki-laki yang amat ingin menikahi kekasihnya.

Hingga kini, lagu Kisah Romantis kerap dinyanyikan dalam acara-acara pernikahan dan diputar di video-video pre wedding banyak pasangan muda di Indonesia.

Glenn FredlyPenyanyi Glenn Fredly. (Foto: Instagram/@glennfredly309)

6. Sabda Rindu

Dengan alunan jazz yang sendu, Glenn bercerita soal kerinduan sepasang kekasih yang terpisahkan jarak dan waktu dalam lagu berjudul Sabda Rindu.

Lirik lagu berisi sebuah ungkapan kangen seseorang pada malam penuh kesunyian, kepada kekasih hati yang tak bisa bertemu.

Meski demikian, lirik berakhir dengan kisah bahwa semua perjalanan akan ditempuh demi bisa pulang ke hati sang kekasih.

Glenn FredlyPenyanyi Glenn Fredly. (Foto: Instagram/@glennfredly309)

7. Malaikat Juga Tahu

Dengan alunan musik yang sendu, lagu Malaikat Juga Tahu menyiratkan cinta yang begitu dalam kepada sang pujaan hati.

Sosok pria dalam lagu ini merelakan setiap hal untuk kebahagiaan kekasih hatinya. Bahkan ketika wanita idamanya berbalik hati lantaran kekurangannya.

Sang pria tetap percaya diri jika semua hal kekurangannya itu dihilangkan, dan akan mendapat kesempatan menjadi juara di hati kekasihnya kembali.

Glenn Fredly dan Mutia AyuPasangan selebriti Glenn Fredly dan Mutia Ayu. (Foto: Instagram/@mutia_ayuu)

8. Romansa ke Masa Depan

Lagu Glenn Fredly yang satu ini menggambarkan kisah cinta abadi dua sejoli yang selalu menyatu dan tak tergantikan.

Dengan lirik yang puitis serta musik romantis, lagu berjudul Romansa ke Masa Depan ini disumbangkan Glenn untuk istrinya Mutia Ayu. Hal itu terlihat dari unggahannya di akun Instagram miliknya @glennfredly309.

Dalam unggahan itu berisi video dirinya bersama sang istri yang tengah menikmati momen matahari terbenam di wilayah Sumba Timur. Mereka terlihat begitu romantis.

"Semesta menjagamu dan kita bersama selalu...." tulis Glenn dalam keterangan video.

Glenn Fredly dan Mutia AyuPernikahan Glenn Fredly dan Mutia Ayu. (Foto: Instagram.com/glennfredly309)

9. Kembali ke Awal

Lagu yang dirilis pada 27 Juli 2019 ditulis berdasarkan pengalaman pribadi soal kisah asmara.

Lewat lagu ini Glenn ingin bercerita tentang perasaan dua orang yang pernah gagal dan ingin mencoba kembali. Tembang ini diciptakan untuk mengisi film layar lebar hasil garapan rumah produksi MD Pictures yang berjudul Twivortiare.

"Lagu ini ditulis berdasarkan pandangan pribadinya mengenai kisah asmara yang akan dirilis sebagai salah satu soundtrack film layar lebar yang diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Ika Natassa yaitu, Twivortiare yang dibuat oleh rumah produksi film MD Pictures Tbk dan diperankan oleh Reza Rahadian dan Raihaanun," tulis Glenn di saluran YouTube miliknya.

Glenn FredlyGlenn Fredly (Foto: Harian Nasional)

10. Selesai

Lagu berjudul Selesai dirilis pada 16 November 2019, setelah Glenn memperistri pedangdut Mutia Ayu pada 19 Agustus 2019.

Lewat lagu ini Glenn ingin bercerita soal perasaan rindu seseorang dengan sang kekasih yang tidak akan pernah berakhir.

Sayangnya, lagu yang diproduseri Andi Rianto ini menjadi satu-satunya single karya terakhir Glenn Fredly di dunia tarik suara.

Baca juga: Mengenang Perjalanan Musik Glenn Fredly

Kangen kamu sungguh hati bicara. Aku kangen kamu meski jauh. Kangen kamu pikiranku ke kamu. Rasa ini tak pernah selesai," demikian penggalan lirik yang sungguh menyentuh hati.

Berita terkait
Gading Marten: Glenn Fredly Buatkan Lagu untuk Gempi
Gading Marten mengungkapkan fakta bahwa Glenn Fredly pernah membuatkan lagu untuk putri semata wayangnya, Gempita Nora Marten alias Gempi.
Once dan Andien Ramaikan Konser Kenang Glenn Fredly
Sejumlah musisi seperti Once Mekel, Vira Talisa, Audrey & Gamaliel, dan Andien, ikut meramaikan konser daring untung mengenang Glenn Fredly.
Lirik Kembali ke Awal dan Selesai Karya Glenn Fredly
Glenn Fredly mengakhiri masa kejayaannya di belantika musik Tanah Air setelah menelurkan lagu berjudul Kembali ke Awal dan Selesai.
0
Jatim Akan Lebih Represif dalam Penerapan PSBB
Sub Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim akan lebih agresif dalam melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).