UNTUK INDONESIA
10 Khasiat Menakjubkan Terong Belanda
Terong Belanda ternyata memiliki khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan. Berikut ulasannya.
Terong Belanda berkhasiat untuk kesehatan. (Foto: stuff.co.nz)

Jakarta - Terong Belanda ternyata memiliki sejumlah khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan. Buah kecil berwarna merah dan kuning ini merupakan sumber vitamin A dan C.

Buah bernama latin Solanum betaceum juga mengandung mineral, seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, dan fosfor yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan.

Dikenal dengan sebutan Tamarillo di luar negeri, buah ini sangat bermanfaat jika dikonsumsi secara rutin.

Berikut Tagar memberikan ulasan mengenai khasiat dari terong Belanda yang diperoleh dari berbagai sumber.

1. Mencegah Kanker

Terong Belanda memiliki kandungan kadar antioksidan yang tinggi, sehingga mampu mencegah segala jenis kanker

Berbagai jenis antioksidan yang dikandung terong Belanda, seperti pigmen poplyphenolic, athocyanin, flavonoid, dan asam klorogenat berperan aktif dalam menjaga kesehatan.

Semua zat tersebut nantinya akan melindungi semua sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh infeksi radikal bebas, sehingga kerusakan DNA tidak akan terjadi.

2. Mencegah Diabetes

Terong Belanda bermanfaat untuk mencegah diabetes. Kandungan serat dalam buah ini bisa menstabilkan kadar gula darah.

Buah ini juga memiliki asam klorogenik yang mampu menunda timbulnya diabetes dan meningkatkan sensitivitas insulin. Jika mengonsumsi terong Belanda secara rutin bisa mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

3. Mengatasi Pencernaan

Terong Belanda menyimpan kandungan serat yang tinggi, sehingga mampu mengatasi masalah pencernaan. Bila buah tersebut dikonsumsi dengan rutin, tentu akan memperlancar buang air besar dan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

4. Mengurangi Sembelit

Serat yang dikandung terong Belanda mampu meringankan perasaan sembelit karena sulitnya buang air besar. Kandungan tersebut juga bisa membuat feses lebih mudah saat melewati usus besar.

5. Mencegah Darah Tinggi

Setiap tujuh sendok makan atau 100 gram terong Belanda terdapat kandungan kalium sebesar 321 miligram. Angka tersebut mampu menjaga detak jantung dan tekanan darah tinggi yang normal, sehingga buah ini baik untuk penderita hipertensi.

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang dikandung terong Belanda sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika rutin mengonsumsinya, sistem kekebalan tubuh bisa lebih kuat dalam menaklukan bakteri infeksius dan mikroorganisme.

7. Menjaga Metabolisme Tubuh

Terong Belanda mengandung vitamin B yang penting untuk menjaga metabolisme tubuh, khususnya vitamin B kompleks yang berperan sebagai kunci beberapa enzim metabolisme. Jika sering mengonsumsi buah ini bisa merasakan perubahan energi tubuh yang meningkat.

8. Meningkatkan penglihatan

Terong Belanda merupakan sumber karotenoid dan vitamin A yang mampu meningkatkan penglihatan agar tetap sehat. Bahkan, buah ini juga bisa menjadi pencegah pengembangan penyakit katarak.

9. Menurunkan Berat badan

Terong Belanda memiliki kadar kalori yang rendah, tinggi serat dan kadar air, sehingga cocok untuk menurunkan berat badan. Buah tersebut juga mampu melawan sel-sel lemak.

Bila buah manis ini dikonsumsi tentu akan membuat penikmatnya merasakan kenyang dalam beberapa jam ke depan. Jadi, buah ini sangat baik dikonsumsi untuk seseorang yang sedang diet.

10. Mencegah Penuaan Dini

Terong Belanda menjadi sumber vitamin C yang sangat penting untuk mendapatkan kulit sempurna serta bercahaya dengan alami.

Jika mengonsumsinya secara rutin, kulit akan tidak akan rentan terhadap bintik-bintik penuaan dan keriput, sehingga membuat kulit tampak lebih awet muda. []

Baca juga:

Berita terkait
10 Buah Terlarang Bagi Penderita Diabetes
Penderita diabetes harus mengetahui buah apa saja yang dilarang untuk dikonsumsi setiap hari.
Cegah Kanker dan Sembilan Manfaat Buah Aprikot
Buah aprikot kaya akan manfaat untuk kesehatan, jadi jangan sia-siakan khasiatnya.
Tujuh Khasiat Buah Pala untuk Kesehatan
Buah pala selain untuk olahan makanan ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apa saja?
0
Hidup Pasutri dan 13 Anak di Aceh Huni Gubuk Reyot
Kehidupan Bakhtiar Beni, yang tinggal bersama seorang istri dan 13 anak di gubuk reyot mengungkap potret kemiskinan masyarakat Provinsi Aceh.