UNTUK INDONESIA
10 Jenis Stretching untuk Pegawai Kantoran
Pekerjaan kantoran merupakan rutinitas yang begitu menguras pikiran. Aktivitas yang padat, tak jarang membuat orang tak sempat melakukan olahraga.
Ilustrasi Stretching di Kantor. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Banyaknya pekerjaan atau rutinitas yang begitu padat, tak jarang membuat orang tak sempat meluangkan waktu untuk berolahraga, terutama bagi pekerja kantoran.

Padahal olahraga bisa dilakukan dengan gerakan-gerakan stretching ringan di tengah berbagai aktivitas sehari-hari. Tanpa mesti banyak menyita waktu dan mengganggu rutinitas pekerjaan.

Peregangan otot melalui stretching bisa dilakukan dengan singkat dan santai. Manfaat baiknya juga bisa langsung terasa apabila dilakukan secara rutin.

Berikut rangkuman sepuluh gerakan stretching ringan yang bisa dilakukan saat bekerja di kantor, yang Tagar olah dari berbagai sumber.

1. Peregangan Bahu

Letakkan salah satu tangan di sekitar dada, lalu gunakan tangan yang lain untuk memegang bagian siku dan tarik ke arah kepala. Lakukan ini selama lima detik dan ulangi untuk bagian lengan yang lain. Ulangi lima kali pada setiap lengan.

2. Mengangkat Bahu

Angkat bahu hingga telinga bagian bawah. Tahan beberapa detik lalu lepaskan. Ulangi 10 kali.

Mengangkat bahu dapat mengurangi ketegangan dan memobilisasi bilah bahu dan punggung atas.

Stretching KantorIlustrasi Stretching di Kantor. (Foto: Pixabay)

3. Peregangan Telapak Tangan

Berdiri di depan mejamu. Letakkan kedua tanganmu di atas meja, dengan posisi jari-jari menghadap ke arahmu. Kemudian, turunkan tubuhmu perlahan hingga kamu merasakan peregangan. Tahan selama 15 detik, kemudian kembali berdiri tegak.

4. Peregangan Leher

Regangkan leher dengan gerakan memutar ke arah bahu kanan selama 10 detik. Ulangi selama lima kali. Lakukan dengan arah sebaliknya.

Peregangan ini bermanfaat mengurangi ketegangan dan nyeri leher karena membungkuk dan melihat layar.

5. Peregangan Kaki

Duduk di kursimu dan panjangkan satu kaki lurus di depanmu. Tahan posisi tersebut selama dua detik, kemudian naikkan setinggi mungkin. Tahan lagi dua detik, kemudia turunkan kakimu secara perlahan ke posisi semua. Ulangi 15 kali untuk masing-masing kaki.

Stretching PemanasanIlustrasi Stretching. (Pixabay)

6. Peregangan Tulang Belakang

Duduk tegak di kursimu dan angkat kedua tanganmu ke atas. Letakkan tangan kirimu di atas meja, sentuh bagian belakang kursimu dengan tangan kanan, dan putar perlahan ke arah kanan. Tahan selama 10 detik, lalu kembali ke posisi semula, dan angkat kedua tanganmu ke atas lagi. Ulangi ke arah sebaliknya.

7. Rotasi

Duduk di kursi, lalu letakkan siku di bagian depan sehingga lengan membentuk posisi bujur sangkar terhadap tubuh. Posisi ini dikenal juga dengan cossack. Selanjutnya, putar badan dari kiri ke kanan 10 kali.

8. Melayang di Atas Kursi

Duduklah bersila di atas kursimu. Letakkan kedua tangan di masing-masing pegangan tangan, tahan perutmu, dan angkat tubuhmu beberapa senti di atas kursi menggunakan kekuatan otot perut, lengan, dan tangan. Tahan selama 10 sampai 20 detik, turun, istirahatlah 30 detik, kemudian ulangi lima kali.

9. Push Up di Meja

Berdiri beberapa langkah di depan mejamu dengan kaki rapat. Letakkan telapak tanganmu di tepi meja, beri jarak selebar bahu seperti jika kamu hendak melakukan push up biasa.

Bawa dadamu turun ke dekat sisi meja seperti melakukan push up. Lalu ulangi 20 kali.

10. Peregangan Trisep

Berdirilah membelakangi mejamu dengan bokong menempel pada sisi meja, kemudian letakkan telapak tanganmu di pinggir meja. Rapatkan kakimu, tekuk siku, dan bawa badanmu turun.

Tahan selama 10 detik, kemudian naik lagi. Ulangi 20 kali. []

Berita terkait
Lima Olahraga Ringan Sebelum Mendaki Gunung
Kegiatan 'berbau' alam saat ini banyak diminati masyarakat. Termasuk mendaki gunung. Ada olahraga ringan agar pendakian berjalan mulus.
Mengarahkan Anak Cintai Seni dan Olahraga
Orang tua sebagai panutan bagi anak dapat mengarahkannya ke bidang minat dan bakat agar anak kelak mengetahui passion-nya.
Pekan Olahraga Sumut, Tobasa Target Raih 3 Emas
21 atlet Tobasa ikuti POR Sumut. Pengurus KONI pasang target tiga emas.
0
Leher Kakek di Sulsel Nyaris Putus Ditebas Parang
Seorang kakek berusia 90 tahun di Kabupaten Takalar Sulsel diduga dibunuh oleh tetangganya sendiri.