UNTUK INDONESIA
10 Januari, PDIP Jatim Umumkan Rekomendasi Cakada
Hanya saja, PDIP tidak mengeluarkan semua rekomendasi secara bersamaan, kaarena masih akan melakukan evaluasi.
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Kepastian siapa calon kepala daerah (cakada) yang bakal diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan diumumkan pada 10 Januari 2020 nanti atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP.

Ketua DPD PDIP Jawa Timur (Jatim) Kusnadi mengaku dirinya mendapat informasi turunnya rekomendasi PDIP tepat HUT ke-47 dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto.

"Saya dapat informasi dari Pak Sekjen kalau rekom kemungkinan turun nanti 10 Januari, tepatnya HUT PDIP akan turun rekom," ujarnya, di Surabaya, Rabu 11 Desember 2019.

Kusnadi yang tak lain Ketua DPRD Jatim ini, meski rekomendasi turun tanggal 10 Januari 2020 nanti, tetapi tidak semua cakada akan mendapatkan rekomendasi.

Saya dapat informasi dari Pak Sekjen kalau rekom kemungkinan turun nanti 10 Januari.

"Hanya ada beberapa yang belum. Semua memberikan gambaran, apalagi itu Incumbent dari PDIP," kata dia.

Rekomendasi yang turun pada 10 Januari merupakan Bacakada yang masih diterima dan dikehendaki oleh masyarakat. Selain itu, konsolidasi partai di tingkat daerah bagus sehingga rekomendasi bisa cepat turun.

"Ini yang sedang dievaluasi betul sama partai. Karena itu bertahap mana-mana yang sudah fiks betul terutama yang Incumbent dan diterima masyarakat dan memberikan janji kemenangan," tuturnya.

PDIP mengutamakan kadernya sendiri untuk direkomendasi. Jika tidak ada, maka eksternal yang sepaham dengan PDIP.

"Kalau dari internal belum bisa memberikan janji dan belum bisa menjanjikan baru kemudian yang sepaham dengan partai," kata Kusnadi.

Sementara untuk arah koalisi, PDIP tetap membuka koalisi dengan parpol lain dan seluruh komponen masyarakat. Seperti halnya dengan Nadliyin dan Muhammadiyah.

"Terpenting kita punya komitmen yang sama, menjaga NKRI dan Kebhinekaan serta berjuang bersama-sama memakmurkan rakyat," ucapnya.

DPD PDIP Jatim optimististis memenangkan dapat Pilkada di 15 daerah yang digelar serentak pada 19 kabupaten dan kota. []

Berita terkait
Polda Jatim Kantongi Berkas Pembangunan SDN Gentong
Berkas pembangunan SDN Gentong Kota Pasuruan yang ambruk beberapa waktu lalu didapatkan usai melakukan penggeledahan di kantor Dispendik Pasuruan.
Pohon Tumbang, PKL di Bangkalan Lantunkan Azan
Angin puting beliung kembali melanda Kabupaten Bangkalan menyebabkan pohon di Stadion Gelora Bangkalan tumbang.
Pembakar Polsek Tambelangan Sampang Divonis Berbeda
Terdakwa Hasan Ahmad divonis berbeda karena sosoknya sebagai sala satu tokoh di Kabupaten Sampang, Jatim.
0
Jokowi Siapkan Mitigasi Imbas Corona di Tenaga Kerja
Presiden Jokowi telah menyiapkan enam cara untuk mengatasi dampak virus corona Covid-19 terhadap sektor ketenagakerjaan.