UNTUK INDONESIA
10 Hektare Lahan Warga di Jeneponto Terbakar
Lahan kebun milik warga di Dusun Tangkulu, Desa Tanamawang, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto dilalap api. Ini luas lahan yang terbakar.
Lahan milik warga Jeneponto terbakar, Sabtu 5 September 2020. (Foto: Tagar/ist)

Jeneponto - Lahan kebun milik warga di Dusun Tangkulu, Desa Tanamawang, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan dilaporkan terbakar pada Sabtu, 5 September 2020. 10 hektar lahan milik empat warga setempat yan terbakar, yakni Tompo, 40 tahun, Mustari, 30 tahun, Bahar, 53 tahun, serta Yodding, 42 tahun.

Kepala Satuan Binmas Polres Jeneponto, AKP Syahrul menuturkan, dugaan sementara pemicu kebakaran karena terik matahari disertai angin kencang dan rerumputan kering.

Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada kebakaran saat ini karena cuaca yang panas dan angin kencang.

Kendati demikian, disebutkan pula bahwa penyebab pasti terjadinya kebakaran masih dalam proses penyelidikan.

"Berdasarkan informasi yang diperoleh di lokasi bahwa tiba-tiba api muncul di atas bukit yang tidak jauh dari perkampungan. Api begitu cepat merambah karena angin kencang dan rumput kering," jelas AKP Syahrul.

Dari laporan yang diterimanya, setidaknya ada tiga unit mobil pemadam kebakaran Jeneponto berusaha memadamkan api yang terlanjur meluas di beberapa titik.

Beruntung api cepat dipadamkan hingga tak mengakibatkan kerugian yang sangat parah. "Atas kejdian tersebut diperkirakan 10 hektare lahan terbakar, tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil sekitr Rp 2 juta karena terbakarnya sebagian tanamanan Cabai milik warga bernama Mustari," ujar Syahrul.

Selain itu, disebutkan pula bahwa Polsek Tamalatea, sebagai wilayah hukum tempat kejadian, telah mengambil beberapa langkah-langkah taktis. Seperti membantu warga memadamkan api, mengamankan lokasi kejadian dan jalur lalu lintas.

Atas nama Kepolisian, dia menyarankan agar warga tetap berhati-hati dengan kondisi cuaca panas dan angin kencang saat ini.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada kebakaran saat ini karena cuaca yang panas dan angin kencang. Serta tidak membakar atau membersihkan lahan tidur apabila tidak awasi, dan juga membuang puntung rokok di sembarang tempat yang dapat mengakibatkan timbulnya api hingga kebakaran," jelas dia. []

Berita terkait
Blora Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan
Kebakaran hutan dan lahan menjadi kewaspadaan tersendiri bagi Blora di musim kemarau ini. Karenanya digelar latihan gabungan lintas instansi.
Kebakaran Besar di Padang, Petugas Damkar Kewalahan
Kebakaran hebat terjadi di Kota Padang. Petugas pemadam kebakaran pun kewalahan memadamkan api di dalam gudang.
3 Kabupaten Aceh Dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan
Sebanyak 3 kabupaten di Provinsi Aceh dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
0
Ini Kata Rocky Gerung Tentang Gus Dur
Rocky menilai Jokowi tidak pernah mempunyai otonomi untuk menentukan kebijaka sendiri. Bahkan ia membanding dengan 2 pemimpin Indonesia Sebelumnya.