UNTUK INDONESIA
‎10 Hektare Hutan Gunung Slamet Terbakar
Kebakaran melanda hutan di lereng Gunung Slamet di wilayah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.
Kebakaran yang melanda hutan di lereng Gunung Slamet di wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang terpantau dari Desa Kaliwadas, Kecamatan Sirampog, Selasa 16 September 2019 malam. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - Kebakaran melanda hutan di lereng Gunung Slamet di wilayah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Areal hutan yang terbakar ‎mencapai 10 hektare dan sudah meluas ke wilayah Kabupaten Brebes dan Banyumas.

Kebakaran mulai diketahui pada Selasa 17 September 2019 sore sekitar pukul 15.00 WIB dari asap yang muncul dari area hutan lereng Gunung Slamet di Bukit Igir Genting.

Lokasi itu berada sekitar 3-4 kilometer dari Dukuh Sawangan, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal‎.

‎Menyusul munculnya titik api tersebut, relawan Palang Merah Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bersama petugas kepolisian, Perhutani, dan komunitas pecinta alam naik ke lokasi kebakaran untuk melakukan upaya pemadaman.

Namun hingga Rabu 18 September 2019 pagi, api masih berkobar dan bahkan sudah meluas ke area hutan di wilayah Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Banyumas.

‎Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal, Sunarto mengatakan, luasan area yang terbakar diperkirakan sudah mencapai 10 hektare.

Kebakaran sudah meluas sejak Selasa malam sampai Rabu pagi ini

"Sampai Rabu pagi kebakaran masih belum bisa dipadamkan dan meluas ke wilayah lain," kata Sunarto, Rabu 18 September 2019.

‎Menurut Sunarto, upaya pemadaman yang dilakukan sejak Selasa malam hingga Rabu pagi dilakukan dengan menggunakan gepyok dan kayu-kayu basah. Selain itu, dilakukan upaya melokalisir api agar kebakaran tidak semakin meluas.

"Sekat bakar yang menggunakan sistem parit juga sudah kami buat untuk menghambat meluasnya area yang terbakar," katanya.

Sunarto menyebut, 85 personel gabungan dari PMI, BPBD Kabupaten Tegal, Perum Perhutani, Kepolisian Sektor Bumijawa, dan masyarakat setempat diterjunkan untuk memadamkan api.

"Kami juga akan mengirim masker untuk petugas dan relawan gabungan yang saat ini masih‎ berupaya memadamkan api. Dapur umum juga akan dibuat untuk menyuplai logistik," tambah Sunarto.

Koordinator Relawan BPBD Kabupaten Tegal Kartono ‎belum dapat memastikan penyebab terjadinya kebakaran. Upaya pemadaman masih menjadi fokus petugas dan relawan yang diterjunkan.

"Kebakaran masih berlangsung. Karena angin yang kencang membuat area yang terbakar semakin meluas. Informasinya sudah meluas sampai Brebes dan Banyumas," ungkapnya Rabu pagi.

Informasi yang diperoleh Tagar, area hutan lereng Gunung Slamet di Kabupaten Brebes yang terbakar berada di wilayah Kaliwadas, Kecamatan Sirampog. Relawan pecinta alam dan petugas terkait di wilayah setempat sejak Selasa malam hingga Rabu pagi masih melakukan upaya pemadaman.

"Kebakaran sudah meluas sejak Selasa malam sampai Rabu pagi ini," kata‎ salah satu relawan pecinta alam, Uki. []

Berita terkait
45 Nyawa di Tegal Melayang di Perlintasan Kereta Api
Sebanyak 45 orang tewas dalam kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta api sebidang di wilayah Daerah Operasional 3 Cirebon.
‎Viral, Video Tawuran antar Geng Remaja di Tegal
Saat tawuran terjadi, salah satu pelaku bahkan sempat merekam aksinya.
Anak-anak Tegal Menerbangkan Pesawat untuk BJ Habibie
Mengenang BJ Habibie, siswa SMP Muhamadiyah 1 Adiwerna,Kabupaten Tegal, Jateng menerbangkan ‎ratusan pesawat berbahan styrofoam.
0
Dugaan Sistem IT Tokopedia Tak Tangguh, Gampang Diretas
Sistem teknologi informasi (IT) di Tokopedia diduga tak tangguh menyusul kabar dibobolnya data pribadi pengguna e-commerce itu.