UNTUK INDONESIA

10 Film yang Berkaitan dengan Teori Konspirasi

Pandemi virus corona dijadikan teori konspirasi sebagai topik hangat untuk dibahas di Jerman dan sejumlah negara, ini 10 film teori konspirasi
Vanilla Sky (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Pandemi virus corona telah menjadikan teori konspirasi sebagai topik yang hangat untuk dibahas di Jerman dan sejumlah negara. Beberapa film juga sudah menceritakan hampir semua teori konspirasi. Berikut kisahnya yang ditulis oleh Jochen Kürten untuk dw.com/id yang disadur Tagar.

jfkJFK (Foto: dw.com/id)

'JFK' (1991). Sutradara AS, Oliver Stone sering membuat cerita konspirasi dalam film-filmnya. Filmnya pada tahun 1991, "JFK", menyelidiki dugaan pembunuhan Presiden John F. Kennedy. Jaksa Jim Garrison (Kevin Costner) tidak percaya bahwa seorang pria bersenjata sendirian membunuh JFK; teorinya, ada jaringan yang luas dan ''kelompok berpengaruh'' di balik pembunuhan itu.

the parralaxThe Parallax View (Foto: dw.com/id)

'The Parallax View' (1974). Setelah pembunuhan Kennedy, skandal Watergate dan Perang Vietnam membuat beberapa masyarakat Amerika merasa gelisah. Pembuat film seperti Alan J. Pakula membuat film ini pada tahun 1970-an; ia menyutradarai tiga film tentang teori konspirasi yang muncul dari peristiwa semacam itu, salah satunya adalah "The Parallax View" pada 1974 yang dibintangi oleh Warren Beatty (kanan).

all theAll the President\'s Men (Foto: dw.com/id)

'All the President's Men' (1976). Film lain yang disutradarai Pakula dua tahun kemudian juga merupakan film konspirasi klasik. Film ini menceritakan seorang wartawan Carl Bernstein (Dustin Hoffman) dan Bob Woodward (Robert Redford) yang menjadi terkenal karena mengungkap konspirasi politik yang kemudian menjadi sejarah dikenal sebagai skandal Watergate.

the manchurianThe Manchurian Candidate (Foto: dw.com/id)

'The Manchurian Candidate' (1962 and 2004). Novel Richard Condon "The Manchurian Candidate" dua kali dijadikan film. Thriller Perang Dingin yang dibintangi Frank Sinatra dan Laurence Harvey tahun 1962, dibintangi Meryl Streep dan Denzel Washington (foto) tahun 2004. Dalam film terbaru, kisah ini terjadi di konflik Timur Tengah dengan plot yang rumit. Pembunuhan "yang dikendalikan dari jarak jauh", berkaitan hipnosis dan mitos konspirasi.

vanilla skyVanilla Sky (Foto: dw.com/id)

'Vanilla Sky' (2001). Kisah ini juga dijadikan film sebanyak dua kali, pertama pada tahun 1997 di Spanyol, berjudul "Open Your Eyes" oleh Alejandro Amenabar, dan pada tahun 2001 di Hollywood oleh Cameron Crowe dengan judul "Vanilla Sky". Dibintangi oleh Tom Cruise dan Penelope Cruz, film ini menunjukkan sebuah perusahaan yang memprogram dan mengendalikan orang.

da vinciThe Da Vinci Code (Foto: dw.com/id)

'The Da Vinci Code' (2006). Berdasarkan buku terlaris oleh Dan Brown, "The Da Vinci Code" (2006) adalah cerita klasik kontemporer dari genre konspirasi. Tidak banyak teori konspirasi yang ada dalam film ini, namun anggap saja film ini bercerita mengenai agama dan gejera, tentang Opus Dei dan Holy Grail. Film ini menjadi blockbuster dan dilanjutkan oleh sekuel "Illuminati''.

the ghostThe Ghost Writer (Foto: dw.com/id)

'The Ghost Writer' (2010). Sepuluh tahun yang lalu, Roman Polanski menyutradarai film yang sangat sukses dibintangi Ewan McGregor dan Pierce Brosnan (foto). "The Ghost Writer," sebuah film genre thriller yang berkisah tentang skema politik dalam kebijakan luar negeri dan bagaimana ekonomi sebenarnya ditetapkan di AS, sebagian besar lokasi syuting diambil di Jerman.

zZ (Foto: dw.com/id)

'Z' (1969). Sutradara master dalam genre film politik, Constantin Costa-Gavras telah sering melihat teori konspirasi dari semua jenis. Sutradara Yunani-Prancis terkenal dengan film "Z" (foto), yaitu film yang bercerita tentang fiksi pembunuhan politisi Yunani yang demokratis bernama Grigoris Lambrakis. Pembuat film menindaklanjuti dengan beberapa film tentang dugaan dan konspirasi yang sebenarnya.

23‘23’ (Foto: dw.com/id)

'23' (1998). Pembuat film Jerman juga menangani topik konspirasi. Dalam "23'', Hans-Christian Schmid mengarang kasus nyata seorang peretas muda yang terobsesi oleh konspirasi dunia dan meninggal karena dugaan bunuh diri pada tahun 1989. Angka 23 memainkan peran kunci dalam cerita tersebut. Meskipun dirilis pada tahun 1998, film ini tetap relevan hingga hari ini.

jud\'Jud Süss\' (Foto: dw.com/id)

'Jud Süss' (1940). Antara tahun 1933 dan tahun 1945, Nazi membuat film konspirasi anti-Semit dengan tujuan propaganda. Yang paling terkenal adalah "Jud Süss" (Süss the Jew) yang dibintangi Ferdinand Marian (foto). Film ini memiliki latar belakang yang sangat serius dan bertujuan untuk menyebarkan kebencian anti-Semit. (Ed: fs/pkp)/dw.com/id. []

Berita terkait
Film Dokumenter Putri Diana Isi Bioskop Dunia Pada 2022
Film dokumenter pertama tentang Putri Diana, berjudul Diana diagendakan bakal mengisi layar bioskop di seluruh dunia pada musim panas 2022.
0
10 Film yang Berkaitan dengan Teori Konspirasi
Pandemi virus corona dijadikan teori konspirasi sebagai topik hangat untuk dibahas di Jerman dan sejumlah negara, ini 10 film teori konspirasi