10 Cara Sehat dan Menyenangkan untuk Makan Sayuran Tiap Hari

Mengkonsumsi sayuran setiap hari bisa menjadi sangat membosankan jika disiapkan dengan cara yang sama.
Ilustrasi cara menyenangkan makan sayuran. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran setiap hari akan membantu Anda menjaga berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, memperbaiki masalah pencernaan, mengelola kanker, mendukung kesehatan otak dan mengontrol tekanan darah dan diabetes.

Sayuran merupakan sumber nutrisi sehat yang sangat baik seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, kalium, mangan, tembaga, zat besi dan seng. Makan banyak sayuran secara teratur akan membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan asupan lima hingga delapan porsi (400-600 g) sayuran setiap hari untuk mengurangi risiko penyakit kronis dan untuk mencegah defisiensi mikronutrien.

Ada banyak orang yang tidak suka makan sayuran, sementara yang lain suka memakannya. Mengkonsumsi sayuran setiap hari bisa menjadi sangat membosankan jika disiapkan dengan cara yang sama. Jadi, mengapa tidak menyiapkan sayuran Anda dengan cara yang menggugah selera yang akan menyehatkan juga. 

Dilansir dari Boldsky, berikut adalah beberapa cara makan sayur yang enak dan sehat agar Anda tidak bosan memakannya dengan cara yang sama :


1. Tambahkan sayuran ke dalam saus

Menambahkan bubur sayuran ke dalam saus dan saus Anda adalah cara yang sehat untuk memakan sayuran Anda. Sayuran yang bagus untuk dihaluskan adalah wortel, kembang kol, paprika, bit, ubi jalar, labu dan sayuran berdaun seperti bayam. Sayuran ini bekerja dengan baik di semua jenis saus pasta dan dressing.


2. Haluskan sayuran menjadi smoothies

Jika Anda menyukai smoothie, Anda tidak akan keberatan menambahkan sayuran hijau ke smoothie Anda. Smoothie cepat disiapkan dan enak serta menyehatkan jika ditambahkan sayuran ke dalamnya. Anda dapat menambahkan beberapa sayuran pilihan Anda ke dalam smoothie buah Anda atau Anda dapat menyiapkan smoothie hijau yang sempurna yang mengandung banyak sayuran hijau seperti bayam, kangkung, lobak Swiss, bit hijau dan selada romaine. Sayuran hijau ini dikemas penuh nutrisi dan senyawa bioaktif seperti vitamin K, lutein, nitrat folat, beta-karoten, kaempferol dan α-tokoferol (vitamin E).


3. Siapkan omelet sayur

Omelet adalah hidangan sarapan klasik yang terbuat dari telur kocok dan digoreng dengan mentega atau minyak. Terkadang, isian seperti keju, daging, dan jamur dimasukkan ke dalam telur dadar untuk meningkatkan rasanya. Anda bisa merapikan telur dadar Anda dengan menambahkan beberapa sayuran seperti bayam, paprika, tomat, bawang bombay, asparagus dan artichoke ke dalamnya. Omelet sayuran tidak hanya enak, tetapi juga memberi Anda banyak nutrisi.


4. Gunakan sayuran dalam burger

Menambahkan beberapa sayuran sebagai topping ke burger daging akan membuatnya lebih berair, beraroma, dan juga sehat. Topping seperti tomat, brussel sprout, bawang bombay dan jamur bisa ditambahkan.


5. Panggang kebab sayuran

Kebab populer dinikmati sebagai makanan pembuka atau camilan. Kebab dibuat dengan ayam, daging sapi dan domba. Namun, ada juga varian kebab vegetarian yang bisa Anda nikmati. Ada berbagai macam sayuran yang bisa Anda ubah menjadi kebab yang lezat, ini termasuk pisang mentah, bit, kacang hijau, paprika, jamur, dan zucchini.


6. Tambahkan sayuran ke oatmeal

Ada begitu banyak pilihan sayuran sehat yang cocok dengan oat yang biasa Anda buat untuk sarapan atau menyiapkan makan malam di menit-menit terakhir. Semangkuk oatmeal gurih adalah cara yang bagus untuk mengisi perut dengan sayuran, tambahkan tomat, telur, jamur, zucchini, kacang polong dan kacang-kacangan ke dalam oatmeal.


7. Nasi kembang kol

Nasi kembang kol adalah pengganti nasi putih rendah karbohidrat. Ini digunakan sebagai dasar untuk pizza dan makanan lainnya dan ditambahkan ke tumis, burrito dan sup. Nasi kembang kol dibuat dengan cara menumbuk kuntum kembang kol dalam food processor hingga membentuk butiran kecil. Kembang kol adalah sumber vitamin C, vitamin B, vitamin A, kalsium, zat besi, serat, folat dan kalium yang sangat baik.


8. Makan lasagna zucchini

Secara tradisional, lasagna dibuat dengan melapisi mie pasta dengan saus, daging, keju, dan bumbu. Tapi untuk lasagna zucchini, mie pasta diganti dengan potongan zucchini, sayuran musiman dengan kandungan nutrisi dan obat yang tinggi.


9. Cobalah mie sayur

Tukar mie spaghetti dengan mie nabati karena mie nabati adalah makanan rendah karbohidrat yang bagus daripada spageti yang tinggi karbohidrat. Mie sayur dibuat dengan memasukkan sayuran ke dalam spiralizer, yang memproses potongan tipis sayuran yang terlihat seperti mie. Jika Anda tidak memiliki alat pengaduk, Anda dapat menyobek atau mengiris sayuran dan menggabungkannya dengan saus dan daging dan memakannya seperti pasta.


10. Membuat kerak pizza kembang kol

Anda pasti mengenal kerak piza tradisional berbahan dasar tepung. Sekarang ada kerak piza yang sehat dan lezat yang mulai populer dan digunakan sebagai pengganti kerak piza tradisional berbahan dasar tepung yaitu pizza crust kembang kol yang merupakan alternatif vegetarian dari pizza crust berbahan dasar tepung tradisional. Anda bisa menambahkan keju, saus tomat, dan sayuran segar sebagai topping pada kerak pizza kembang kol. []


Berita terkait
5 Kesalahan Memasak Sayuran yang Bisa Hilangkan Nutrisi
Kita sering melakukan beberapa kesalahan saat memasak sayuran, ini akan menghilangkan nutrisi pada sayuran.
Cara Memasak Sayuran agar Gizinya Tak Hilang
Proses pengolahan sayuran sudah dimulai sejak Anda membersihkan sayuran yang hendak dimasak. Berikut cara memasak sayuran agar gizinya tak hilang.
11 Jenis Sayuran yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil
Mengonsumsi sayuran akan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Berikut ini sayuran yang baik untuk ibu hamil.
0
Ketua IMI Korwil Bogor Apresiasi Pebalap yang Berprestasi di Oneprix
Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Korwil Kabupaten Bogor, Aan Triana Al Muharom mengapresiasi atas keberhasilan para pembalap binaan IMI.