UNTUK INDONESIA

10 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Tanpa Perawatan Mahal

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk perawatan mahal karena Tagar merangkum 10 cara mengatasi kulit berminyak.
Ilustrasi wajah kusam dan berminyak. (Foto: Freepik)

Jakarta - Kulit berminyak adalah hasil produksi sebum berlebih dari kelenjar sebaceous yang terletak di bawah permukaan kulit. Sebum sendiri merupakan zat berminyak yang terbuat dari lemak.

Tidak semua yang berhubungan tentang sebum itu buruk karena zat ini membantu melindungi dan melembabkan kulitmu. Namun, terlalu banyak sebum dapat mengakibatkan kulit jadi berminyak sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan munculnya jerawat.

Produksi sebum bisa disebabkan oleh faktor genetik, perubahan hormon, atau bahkan stres. Meskipun begitu, tidak perlu khawatir jika memiliki kulit berminyak.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk perawatan mahal karena Tagar merangkum 10 cara mengatasi kulit berminyak:

Orang Sedang Mencuci Muka.Orang Sedang Mencuci Muka. (Foto : Tagar/Pexels)

1. Cuci Muka

Ini merupakan cara yang paling jelas dan umum. Namun, masih ada orang dengan kulit berminyak tidak mencuci muka setiap hari. Jika kulitmu berminyak, disarankan untuk mencuci muka 2 kali sehari setiap harinya.

2. Kertas Blotting

Kertas blotting atau kertas minyak memiliki wujud yang tipis dan kecil. Kertas ini dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dan meminimalisir tampilan kulit yang berkilau karena minyak. Kamu bisa gunakan ini sesuai kebutuhan.

3. Madu

Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu bermanfaat bagi kulit berminyak dan rentan jerawat. Madu juga merupakan humektan alami sehingga membantu menjaga kelembapan kulit tapi tidak berminyak. Untuk memakainya, kamu hanya memerlukan madu murni dan oleskan ke wajah tipis-tipis, diamkan selama sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

4. Cosmetics Clay (lumpur kecantikan)

Lumpur kecantikan dapat membantu menyerap minyak dan merawat banyak kondisi kulit. Biasanya kini produk lumpur kecantikan ditemui dalam bentuk masker entah itu bubuk atau krim.

5. Oatmeal

Oatmeal membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Ini juga membantu mengelupas kulit mati. Saat digunakan dalam masker wajah, oatmeal biasanya digiling dan bisa dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah tumbuk seperti pisang, apel, atau pepaya.

6. Putih Telur dan Lemon

Putih telur dan lemon adalah obat tradisional untuk kulit berminyak. Kedua bahan tersebut dianggap dapat mengencangkan pori-pori. Asam dari lemon dikatakan dapat membantu menyerap minyak. Cara membuatnya pun mudah.

Tinggal campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh lemon yang baru diperas kemudian oleskan ke wajah dan tunggu hingga mengering lalu bilas.

7. Almond

Kacang almond tidak hanya berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit, tetapi juga membantu menyedot minyak berlebih dan kotoran. Untuk membuatnya, almond mentah harus digiling sampai halus kemudian campur dengan madu lalu oleskan di wajah. Diamkan beberapa menit lalu bilas.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal untuk meredakan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Selain itu, dikatakan juga bahwa lidah buaya dapat membantu mengobati kulit bersisik yang disebabkan oleh bercak berminyak. Banyak juga orang menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit berminyak.

9. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, obat rumahan yang umum digunakan untuk mengatasi jerawat. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat.

10. Minyak Jojoba

Meskipun ide untuk mengoleskan minyak ke kulit berminyak tampak kontraproduktif, minyak jojoba adalah obat tradisional untuk mengatasi kulit berminyak, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Ada anggapan bahwa jojoba meniru sebum pada kulit untuk mengelabui kelenjar sebaceous agar memproduksi lebih sedikit sebum dan membantu menjaga keseimbangan kadar minyak. Namun, tidak ada penelitian ilmiah untuk mendukung teori ini.

Meskipun ada beragam cara mudah untuk mengatasi kondisi ini, tetap akan lebih baik untuk mencegah kulit agar tidak berminyak.

Jika penyebab utamanya adalah karena faktor genetika atau hormon, akan sulit untuk mencegahnya.

Namun, jika karena faktor lain, kamu bisa mencegahnya dengan menghindari makanan tidak sehat seperti gorengan, makanan tinggi gula, dan makanan olahan.

Menggunakan makeup tebal saat kulit berminyak juga justru akan memperburuk kondisi kulitmu.

Jika cara-cara di atas justru malah memperburuk gejala, hentikan penggunaannya dan hubungi dokter. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat dari jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
Tips Kulit Wajah Glowing dan Awet Muda dengan Acai Berry
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan 3 manfaat buah acai berry bagi kesehatan kulit wajah.
Jangan Cuci Wajah dengan Sabun di Pagi Hari, Ini Manfaatnya
Pagi hari muka biasanya terlihat lesu dan berminyak. Tetapi tahukah bahwa tidak mencuci wajah dengan sabun justru memiliki manfaat?
0
10 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Tanpa Perawatan Mahal
Kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk perawatan mahal karena Tagar merangkum 10 cara mengatasi kulit berminyak.