10 Cara Membersihkan Noda Tartar pada Gigi

Meski pembersihan kerak gigi hanya akan maksimal jika dilakukan oleh dokter, tapi ada berbagai cara untuk dapat membersihkannya sendiri.
Ilustrasi gigi. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Pernahkah kamu menemukan lapisan yang terasa lengket di permukaan gigi? Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, lapisan tersebut adalah plak yang jika tidak segera dibersihkan, dapat mengeras dan bertransformasi menjadi tartar atau kerak gigi. Umumnya, kerak gigi akan terlihat mengendap di sepanjang garis gusi dan berisiko menimbulkan gangguan gusi jika tidak segera ditangani.

Meski pembersihan kerak gigi hanya akan maksimal jika dilakukan oleh dokter, kamu tetap bisa menerapkan berbagai cara untuk mencegah pembentukan kerak gigi dan mengurangi intensitasnya, seperti dengan menggosok gigi secara rutin, membersihkan sela-sela gigi secara berkala, menjaga pola makan, dan berkumur menggunakan cairan antiseptik setelah makan.

Inilah 10 cara membersihkan tartar agar gigi bersinar terang dan tetap sehat.


1. Soda kue dan garam

Mulailah dengan cara sederhana tapi ampuh untuk membersihkan tartar. Soda kue adalah bahan kuat yang memiliki efek antibakteri dan membantu dalam pemutihan gigi.

Campur 1 sdm soda kue dengan sejumput garam, lalu tuangkan sedikit campuran bahan ini pada sikat gigi. Kamu juga bisa menambahkannya pada pasta gigi biasa. Jangan menggosok gigimu dengan soda kue lebih dari seminggu sekali karena bisa merusak email.


2. Kulit jeruk

Penasaran apa yang harus dilakukan dengan sisa kulit jeruk? Sekarang kamu tahu. Buah sitrus umumnya bagus dalam membersihkan noda plak karena mengandung asam.

Kamu bisa secara langsung menggosokkan kulit jeruk ke seluruh gigimu selama 2-3 menit atau membuat pasta dan mengoleskannya ke gigi. Bagaimanapun caranya, bilas mulut dengan air suam-suam kuku setelahnya. Ulangi beberapa kali seminggu.


3. Air lemon

Gunakan kulit jeruk dan air lemon secara bergantian untuk hasil yang lebih baik. Asam lemon tak hanya membersihkan plak, tapi juga sedikit memutihkan gigi.

Celupkan sikat gigi ke dalam air lemon segar, lalu gosokkan dengan lembut ke gigi. Diamkan selama satu menit sebelum dibilas. Ingat, air lemon adalah bahan yang sangat kuat dan bisa menyebabkan erosi gigi. Jadi, gunakan dengan hati-hati.


4. Biji wijen

Biji wijen bagus dalam banyak hal: kamu bisa menggunakannya untuk membumbui salad atau membersihkan tartar. Biji wijen berfungsi sebagai scrub alami, sekaligus memoles serta membersihkan gigi.

Ambil satu sendok makan biji wijen, lalu kunyah sampai halus. Cobalah membuat semacam pasta dan tidak menelannya saat mengunyah. Lalu gosok gigimu dengan adonan ini dan sikat gigi kering. Lakukan ini dua kali seminggu.


5. Hidrogen peroksida dan obat kumur

Hidrogen peroksida memiliki zat antimikrob, begitu juga obat kumur. Campur 1 sdm obat kumur antiseptik dengan 3 sdm cairan hidrogen peroksida 3%. Kumur-kumur dengan cairan ini selama beberapa menit, lalu selesaikan dengan air bersih.


6. Minyak kelapa

Satu bahan lagi yang bisa kamu dapatkan di lemari dapurmu adalah minyak kelapa. Berkumur dengan minyak sedang populer sekarang ini. Minyak menyerap kotoran dalam mulut dan memiliki efek antibakteri terhadap mikroorganisme yang hidup di sana.

Oleksan 1-2 sdm minyak ke sekitar mulut selama 10-14 menit (rasanya enak!), lalu muntahkan dan bilas dengan air hangat.


7. Stroberi dan tomat

Tomat dan stroberi kaya akan Vitamin C dan kamu bisa menggunakannya jika merasa tidak cocok dengan sitrus. Potong tomat atau stroberi, buat pure, lalu oleskan pada gigi. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas mulutmu.


8. Lidah buaya dan gliserin

Keduanya adalah ramuan kebaikan untuk gigimu. Campur 1 sdt gel lidah buaya, 4 sdt gliserin dari sayuran, 10 tetes minyak esensial lemon, dan 4 sdm soda kue ke dalam wadah berisi air untuk mendapatkan adonan lembut.

Sikat gigimu dengan adonan ini sekali sehari sampai tartarnya menjadi tak begitu terlihat. Lalu ulangi sekali setiap 3-4 hari. Lidah buaya membantu kulit dan gusi pulih dan minyak esensial lemon melawan bakteri.


9. Cengkih

Rempah-rempah ini sudah lama digunakan sebagai obat untuk sakit gigi. Ini juga melawan mikrob dalam mulut. Gerus cengkih (atau cari bubuk cengkih yang sudah jadi), tambahkan sedikit minyak zaitun, dan oleskan campuran ini pada area noda.

Ide lainnya, secara teratur, kunyah cengkih untuk mengurangi bau mulut dan membunuh bakteri. Daripada mengunyah permen karet, cobalah ini.


10. Sanguinaria (bloodroot)

Salah satu bahan paling tak biasa disebut sanguinaria, atau lebih umum disebut sebagai bloodroot. Ekstraknya sering kali terkandung dalam pasta gigi. Ini bahan antibakteri aman yang ampuh mengurangi tartar.

3-4 tetes ekstrak sanguinaria bisa ditambahkan pada 1 cup air hangat untuk dijadikan obat kumur. Ini bisa dipakai kumur-kumur setiap hari atau bahkan dua kali sehari.

Semua saran ini bisa berhasil jika kondisi tartar di gigi dan gusi belum parah. Jika sudah parah atau jika kamu juga punya gigi sensitif yang sangat peka terhadap asam, lebih baik pergi ke dokter gigi. Ada cara profesional untuk membersihkan plak dan tartar dari gigi yang hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis. []

Berita terkait
Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel
Cara menghindari dan menghilangkan karang gigi yang membandel bertahun-tahun, lakukan lima kebiasaan berikut ini.
Penyebab Gigi Ngilu Ketika Atau Setelah Makan Es Krim
Peneliti ungkap misteri gigi ngilu yang menyiksa bagi sebagian orang setelah atau ketika makan es krim
Bawang Putih Redakan Sakit Gigi, Alami, Mudah dan Ampuh
Sakit gigi sangat menyiksa. Bahan alami yang mudah ditemukan di dapur yaitu bawah putih ampuh meredakan sakitnya.
0
Tinjau Lapak Hewan Kurban, Pj Gubernur Banten: Hewan Kurban yang Dijual Dipastikan Sehat
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meninjau secara langsung lapak penjualan hewan kurban milik warga di Kawasan Puspiptek.