UNTUK INDONESIA
10 Artis dan Influencer Indonesia Galang Donasi Corona
Berikut sepuluh artis dan influencer Indonesia yang membuat penggalangan dana untuk penanganan pandemi virus corona (Covid-19) di Tanah Air.
Arief Muhammad. (Foto: Instagram/Arief Muhammad)

Jakarta – Merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia membuat sejumlah artis dan influencer terketuk untuk mambantu pemerintah dalam penanganan wabah mematikan tersebut. Mereka tercatat menggelar penggalangan dana melalui laman donasi dan berhasil mengumpulkan uang sumbangan dengan angka nominal yang fantastis.

Beberapa nama artis dan influencer Tanar Air sudah berhasil mengumpulkan dana dan menyalurkannya untuk membantu fasilitas dan perlindungan tenaga medis, membantu masyarakat dengan ekonomi lemah yang terdampak Covid-19, serta penyemprotan desinfektan, dan lain-lain.

Berikut sepuluh artis dan influencer Indonesia yang membuat penggalangan dana untuk penanganan pandemi virus corona (Covid-19) di Tanah Air:

Rachel VennyaRachel Vennya. (Foto: Instagram/rachelvennya)

1. Rachel Vennya

Beberapa waktu lalu Rachel Vennya mengumumkan melalui akun Instagram pribadi miliknya, kalau ia melakukan penggalangan dana untuk membantu penanggulangan virus corona yang ada di Indonesia.

Meski pada awalnya ia hanya menargetkan bisa mengumpulkan dana Rp 100 juta yang akan digunakan untuk membantu sejumlah rumah sakit yang membutuhkan bantuan alat medis, hasil uang yang terkumpul justru mencapai angka yang fantastis, yakni lebih dari Rp 7,5 miliar.

Dalam keterangan di laman donasi, dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan dalam tiga agenda besar, pertama adalah untuk penyediaan masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik, dan alat perlindungan diri lainnya untuk tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan Covid-19.

Atta HalilintarAtta Halilintar sumbangkan pendapatan YouTubenya untuk Corona.(Foto: Instagram/attahalilintar)

2. Atta Halillintar

Youtuber muda Atta Halillintar ikut serta membuat penggalangan dana untuk virus corona di Indonesia. Uang sumbangan yang terkumpul digunakan untuk membantu para tenaga medis yang kekurangan alat perlindungan diri.

Selain itu, Atta mengungkapkan dalam unggahan akun Instagramnya bahwa dana yang terkumpul juga akan di gunakan untuk menyediakan sembako bagi masyarakat yang mungkin tak bisa bekerja karena adanya virus corona.

Arief MuhammadArief Muhammad. (Foto: Instagram/Arief Muhammad)

3. Arief Muhammad

Tokoh influencer Arief Muhammad juga ikut tergerak untuk membuat penggalangan dana lantaran terinspirasi oleh Rachel Vennya. Melalui akun pribadi miliknya, ia mengunggah ajakan penggalangan dana kepada para followers-nya untuk ikut menyumbangkan sebagian rejeki mereka untuk donasi.

Hingga 27 Maret 2020, dana yang berhasil terkumpul dan disumbangkan mencapai angka Rp. 2,6 miliyar. Uang donasi itu digunakan untuk keperluan pembelian 1000 Alat Pelindung Diri (APD) yang dibagikan kepada petugas medis di rumah sakit.

Selain itu, uang donasi juga digunakan untuk membeli 1000 paket sembako dan multivitamin yang dibagi-bagikan kepada masyarakat, serta pembangunan 10 alat untuk cuci tangan, serta pembuatan 50 bilik disinfektan yang akan tersebar di berbagai titik.

Andovi da LopezAndovi da Lopez berperan dalam film Bucin akan tayang Maret 2020. (Foto: Rafi Films)

4. Andovi Da Lopez

Andovi Da Lopez Membaca isi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sampai tuntas. Aksi itu di lakukan Andovi secara langsung di saluran Youtube-nya. Personel SkinnyIndonesia24 itu melakukan hal tersebut sebagai cara menggalang dana perlawanan virus corona.

Membaca isi KBBI selama 14 jam nonstop, ia berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 200 juta yang nantinya akan digunakan untuk keperluan membeli alat sanitasi bagi tenaga medis yang telah menjadi garda terdepan dalam penanganan virus corona di Indonesia.

Afgan SyahrezaAfgan Syahreza saat ditemui Tagar di kediaman BCL di kawasan Jakarta Selatan, Rabu malam, 19 Februari 2020. (Foto: Tagar/ Dicky Kurniawan)

5. Afgan Syahreza

Afgan Syahreza menjadi artis yang pertama kali memulai penggalangan dana penanganan wabah virus corona di Indonesia. Lewat platform Kita Bisa, ia berhasil mempengaruhi pengikutnya untuk mengumpulkan uang sumbangan yang akan digunakan untuk membeli peralatan medis ke sejumlah rumah sakit yang membutuhkan.

Maia EstiantyMaia Estianty bagikan tutorial membuat masker sendiri untuk mencegah Corona. (Foto: Instagram/maiaestiantyreal)

6. Maia Estianty

Membuka laman donasi melalui platform Kita Bisa, Maia Estianty berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 1,1 miliar lebih dan melibatkan 8.148 donatur. Ia mengatakan bakal memberikan uang yang berhasil terkumpul tersebut untuk membeli APD yang akan dibagikan kepada rakyat dan tenaga medis.

Selain itu, Maia juga berjanji akan mengalokasikan dana sumbangan tersebut untuk biaya pengobatan dan pemeriksaan virus corona untuk masyarakat Indonesia yang tidak mampu.

Baim WongBaim Wong. (Instagram/Baim Wong)

7. Baim Wong

Sejak 20 Maret 2020, Suami Paula Verhoeven ini telah membuka sesi penggalangan dana untuk membantu melawan virus corona. Melalui laman Kita Bisa, Baim Wong menargetkan dana yang akan terkumpul mencapai Rp. 250 juta.

Selama sekitar 3 hari membuka sesi penggalangan dana tersebut, Baim berhasil mengumpulkan uang sumbangan sebesar Rp. 170 juta lebih dari sekitar 1018 donatur yang sudah membantu.

Dokter TirtaDokter Tirta. (Foto: Instagram/dr.tirta)

8. Dr. Tirta

Dokter yang memiliki sejumlah bisnis ini juga ikut melakukan kampanye melawan virus corona. Sosok influencer nyentrik itu melakukan penggalangan dana bertajuk Bersatu saling Bantu. Dalam aksinya, dr. Tirta juga telah terjun langsung ke jalanan untuk membagikan masker serta hand sanitizer kepada masyarakat.

Ia juga memberikan sejumlah alat perlindungan diri yang dibutuhkan awak medis seperti masker n95, Hazmat, disinfektan, dan lain-lain ke sejumlah rumah sakit rujukan di Indonesia.

Indra BektiIndra Bekti. (Foto: Instagram/Indra Bekti)

9. Indra Bekti

Artis dan presenter Indra Bekti ikut serta berpartisipasi membikin sesi penggalangan dana untuk melawan virus corona. Hingga Rabu, 1 April 2020, ia berhasil mengumpulkan dana senilai Rp. 9.028.141.

Raffi AhmadRaffi Ahmad dan Nagita Slavina saat peluncuran album kedua. (Foto: Tagar/Santi Sitorus)

10. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga ikut melakukan penggalangan dana untuk melawan virus corona.

Baca juga: Atasi Corona, Rossa Usul Tunjangan DPR Dipotong

Uang sumbangan yang terkumpul, nentinya akan digunakan untuk membantu orang-orang yang tidak bisa bekerja dari rumah. Seperti tukang sapu, driver ojek online, pedagang keliling, pemulung dan lain-lain. []

(Dhea Zirda) 

Berita terkait
Telur Langka karena Covid-19, Tom Holland Piara Ayam
Altor Tom Holland memelihara beberapa ekor ayam hidup lantaran kehabisan telur di supermarket akibat wabah virus corona (Covid-19).
Bintang Film Star Wars Wafat karena Virus Corona
Bintang film Star Wars, Andrew Jack, dilaporkan wafat setelah menjadi korban virus corona.
Reaksi Rekan dan Cerita Pensiun Azis Gagap dari OVJ
Niat Azis Gagap untuk pensiun dari program lawak OVJ, ditanggapi berbagai reaksi dari rekan kerja dan sahabatnya.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.